Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Pengabdian! Dosen FK UNRI Ingatkan Warga Soal Penyakit Tanpa Gejala Tapi Berbahaya
Pengabdian ke masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau

PEKANBARU  - Tak lengkap rasanya selogan Tri Dharma perguruan tinggi tanpa adanya kunjungan dan pengabdian ke masyarakat. Hal inilah yang kemudian dilakukan dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau.

Tiga dosen FK UNRI, dokter Eni Karmila, M.Med.Ed, M.Biomed, dokter Ismawati, M.Biomed dan dokter Fajri Marindra, M.Kom, M.Biomed. Ketiganya melakukan pengabdian masyarakat dengan mengecek penyakit metabolik 

"Penyakit ini lazim ditemui di masyarakat seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus) hingga penyakit hiperkolesterolemia," ujar dokter Ismawati, Senin (11/10/2021).

Secara terperinci kegiatan pengabdian itu dilaksanakan di Bangkinang Kota, pada akhir pekan lalu. Terdiri dari 3 kegiatan utama, pemeriksaan gula darah (glukosa), diketuai oleh dokter Eni. Lalu, pemeriksaan kolesterol total darah oleh Dr dokter Ismawati dan terakhir yaitu pemeriksaan tekanan darah dan asam urat darah yang diketuai dokter Fajri Marindra.

"Penyakit metabolik seperti seperti kolesterol tinggi, kencing manis maupun hipertensi seringkali tidak disadari oleh penderitanya karena tidak bergejala. Tapi seiring perjalanan waktu penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan munculnya penyakit lain," katanya.

Salah satu pemicu munculnya panyakit lain adalah jantung, stroke sampai ke penyakit ginjal kronis yang punya angka keparahan dan angka kematian tinggi dimasyarakat.

"Untuk itu tim pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Riau tergerak untuk melakukan deteksi sedini mungkin. Selain dosen, turut terlibat tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan ini," kata Ismawati.

Sementara, Ketua RT 4 Bangkinang Kota, Jumaidi Desri, S.Kom, menyampaikan terima kasihnya pada FK Universitas Riau yang memilih tempatnya sebagai lokasi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat dinanti oleh masyarakat.

"Terbukti dari antusiasme masyarakat yang hadir sangat banyak. Bahkan masih ada warga yang hadir setelah pendaftaran ditutup karena habisnya stok reagent pemeriksaan yang dibawa oleh FK UNRI," katanya.

Jumaidi berharap kegiatan yang dihadiri 100-an warga dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Sehingga dapat bermanfaat kepada masyarakat luas di daerahnya.

(Mediacenter Riau/asn)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Gubri Hadiri HUT ke-76 PGRI dan HGN 2021 di Pelalawan

Jumat, 26 November 2021 | 21:30:07 WIB

Gubri Dorong Jamkrida Ekspansi Bisnis ke Kepri

Jumat, 26 November 2021 | 15:32:33 WIB

Milad ke-18 PT Jamkrida Riau, Ini Pesan Gubernur Riau

Jumat, 26 November 2021 | 15:24:34 WIB

Gubernur Minta PT Jamkrida Riau Tingkatkan Deviden

Jumat, 26 November 2021 | 15:20:08 WIB

Erick Tohir Sebut BUMN Terbuka untuk Kerjasama dengan Riau

Jumat, 26 November 2021 | 10:56:01 WIB

Petani Sawit di Riau Dilatih Bikin Pupuk Organik

Kamis, 25 November 2021 | 23:28:05 WIB