Kamis, 22 Rabiul Awwal 1443 H | 28 Oktober 2021
Gubri dan Wagubri Melayat ke Rumah Duka Datuk Seri Al Azhar
Susasana rumah duka Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar, pada Rabu (13/10/2021).

PEKANBARU - Gubernur Riau H Syamsuar bersama Wakil Gubernur Riau, H Edy Natar Nasution melayat ke rumah duka Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar, pada Rabu (13/10/2021).

Syamsuar dan Edy Nasution tiba di rumah duka di Jalan Sungai Mintan, Tengku Bey, Pekanbaru, pukul 08.00 wib. Sejumlah kerabat dan tokoh Melayu juga berdatangan ke lokasi. 

Saat melayat, Gubernur sempat berbincang-bincang dengan perwakilan keluarga dan mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, saya atas nama pribadi dan keluarga, serta atas nama Pemerintah provinsi Riau turut berduka atas berpulangnya Datuk Seri Azhar," ucap Syamsuar.

Syamsuar merasakan betul betapa besarnya perjuangan Datuk Al Azhar terhadap hutan adat dan masyarakat adat, dan inilah amanah yang beliau jalankan sebagai ketua MKA LAM Riau.

"Riau sangat kehilangan sosok Datuk Al azhar, tak banyak sosok seperti beliau. Beliau adalah seorang budayawan yang peduli dengan masalah adat," ujar Syamsuar.

Pada kesempatan itu, Syamsuar menyebutkan, almarhum Al Azhar adalah sosok tokoh masyarakat Riau yang sangat peduli dengan persoalan adat, dan beliau sangat konsen dengan masalah adat ini.

"Semasa hidup Almarhum telah banyak memberikan tunjuk ajar untuk provinsi Riau. Perjuangannya untuk kesejahteraan masyarakat Riau juga telah banyak dilakukannya," kata Gubernur Riau, Syamsuar.

"Kami sangat berduka dan kehilangan. Kepada keluarga yang ditinggal kiranya tabah, dan kami mendoakan Datuk Al Azhar husnul khotimah," ucap Syamsuar.

Diketahui, Datuk Seri Al Azhar merupakan budayawan, sastrawan dan Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau masa khidmat 2017-2022. Ia wafat ,Selasa (13/10) pukul 22.04 WIB di RS Awal Bros Pekanbaru.

Sesuai rencana, kata Alang Rizal, adik kandung Al Azhar, jenazah disalatkan di Masjid Agung Annur setelah Salat Zuhur. "Insya Allah dikebumikan di pemakaman air dingin," ucap Alang Rizal. 

(Mediacenter Riau/fik)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Biro PBJ Riau Tuntaskan Tender 652 Paket Kegiatan OPD

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:02:00 WIB

Penilaian Sistem Merit Pemprov Riau Menuju Level 4

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:59:04 WIB

Arsip Memiliki Peran Penting dalam Menjamin Aset Negara

Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:49:11 WIB

Kanwil Kemenag Riau Gelar Jamarah Tahun 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:10:19 WIB

Gubri Berikan Motivasi Siswa SMA Taruna Nusantara Asal Riau

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:14:47 WIB