Kamis, 22 Rabiul Awwal 1443 H | 28 Oktober 2021
Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati

PEKANBARU - Kementerian Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI menyelenggarakan kegiatan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Pada ajang ini Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau meraih penghargaan. 

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengucapkan apresiasi terhadap jajaran para menteri, gubernur, bupati dan wali kota yang turut serta dalam strategi dalam setaraan gender.

"Pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat," kata Menteri Bintang Puspayoga ini.

Namun, menurutnya masih seringkali yang terjadi dalam pembangunan tersebut belum dirasakan setara oleh kaum perempuan. Hal ini disebabkan antara lain, karena kebijakan program dan kegiatan pembangunan, belum sepenuhnya memperhatikan adanya perbedaan.

"Baik perbedaan dari segi kebutuhan, pengalaman, dan kondisi lainnya yang ada dalam masyarakat yang bersifat kodrati maupun hasil konstruksi sosial yang terjadi. Sehingga dalam konteks pembangunan yang terjadi antara perempuan dan laki-laki berdampak pada adanya kesenjangan atas akses partisipasi, kontrol, dan manfaat," ujarnya. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional pengarusutamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu dari empat vokalis utama dalam mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif.

"Sehingga dapat menjadi katalis pembangunan untuk menuju masyarakat sejahtera dan berkeadilan," ujarnya.

Oleh karena itu, melalui penghargaan APE ini dilakukan untuk memantau serta evaluasi terhadap pelaksanaan. Kemudian evaluasi pengarusutamaan gender baik di kementerian, lembaga serta di pemerintah daerah.

Ia menjelaskan pelaksanaan penerimaan penghargaan APE 2020 ini seharusnya berlangsung Tahun 2020. Namun, karena wabah pandemi COVID-19, maka pelaksanaan baru dilakukan pada Tahun 2021.

Sebanyak 13 di tingkat kementerian dan lembaga, 29 di tingkat provinsi dan 266 di tingkat kabupaten dan kota se Indonesia meraih penghargaan APE 2020 ini 

"Harapannya jumlah yang meraih penghargaan APE nantinya dapat terus meningkat. Kita juga berharap kegiatan ini dapat bekerja sama dengan negara Asean terutama dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan pengarusutamaan gender di Indonesia kedepannya," tuturnya.

Mewakili Pemprov Riau, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Riau,  Tengku Hidayati Effiza mengikuti penerimaan penghargaan secara virtual di Pekanbaru, pada Rabu (13/10/2021).

(Mediacenter Riau/dw)

Info Lainnya

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pelepasan Merdeka Ekspor Komoditi Pertanian oleh Presiden RI secara

Biro PBJ Riau Tuntaskan Tender 652 Paket Kegiatan OPD

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:02:00 WIB

Penilaian Sistem Merit Pemprov Riau Menuju Level 4

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:59:04 WIB

Arsip Memiliki Peran Penting dalam Menjamin Aset Negara

Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:49:11 WIB

Kanwil Kemenag Riau Gelar Jamarah Tahun 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:10:19 WIB

Gubri Berikan Motivasi Siswa SMA Taruna Nusantara Asal Riau

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:14:47 WIB