Rabu, 7 Jumadil Awwal 1444 H | 30 November 2022
Gubernur Riau Siap Dorong Pembangunan Desa Wisata
Gubernur Riau H Syamsuar

INHIL - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa pemerintah saat ini sedang berupaya mengembangkan dan mendorong lahirnya desa wisata di seluruh tanah air, termasuk di Provinsi Riau ini sendiri.

Menurut Gubri, pengembangan objek wisata desa ini bisa saja dilakukan oleh pemerintah desa melalui BUMDes, maupun kelompok masyarakat sadar wisata, dengan tujuan agar ekonomi desa dapat tumbuh dan berkembang.

Hal ini disampaikan Gubri saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) objek wisata Selensen Poin, tepatnya di Kelurahan Kemuning, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Inhil, Senin (18/10/31). 

"Kalau dilihat dari lokasinya (Selensen poin) memang sangat luar biasalah sebagai tujuan desa wisata. Kita sekarang dimana-mana sangat mengembangkan desa wisata," ucapnya.

Syamsuar mengungkapkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sempat berkunjung ke Provinsi Riau. Kunjungan itu dalam rangka untuk memotivasi desa agar menciptakan objek wisata baru sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing desa.

Sejalan dengan Menparekraf RI, orang nomor satu di Riau ini juga sangat mendukung lahirnya wisata desa. Ia menyebutkan, Provinsi Riau masuk nominasi 50 desa wisata terbaik nasional dari sekian banyaknya desa wisata di Indonesia.

Ia menjelaskan, desa wisata yang masuk nominasi tersebut adalah desa wisata Koto Masjid atau yang lebih dikenal dengan Kampung Patin yang terletak di Kabupaten Kampar.

"Kenapa disebut Kampung Patin, karena hampir semua masyarakatnya memiliki kolam ikan patin dan patinnya tidak berbau sama sekali," kata Gubri.

Gubri menyampaikan, berkaitan dengan ikan patin ini, PKK Desa Kota Masjid sudah mampu mengolahnya menjadi berbagai macam olahan makanan. Seperti nugget ikan patin, kue dari ikan patin, sate, ikan salai dan lain sebagainya.

"Dan itu juga pemberdayaan kaum ibu nya sangat luar biasa. Ibu-ibu di sana banyak memanfaatkan kerajinan di sana. Itulah menariknya tim juri yang datang dari Jakarta. Sehingga mudah-mudahan kita menjadi terbaik dari 50 desa wisata yang ada di Indonesia ini," ujarnya.

Syamsuar meyakini objek wisata desa bisa berkembang di Riau terkhusus di Kabupaten Inhil. Ditangan anak-anak muda Riau yang bergerak dibidang ekonomi kreatif dan memanfaatkan digitalisasi, maka ia percaya pariwisata Inhil semakin dikenal masyarakat luas.

"Mari kita terus berkarya karena sekarang ini era digital sangat mudah kita mempromosikannya dan orang akan tahu Selensen Poin ini dengan digitalisasi ini. Kami siap mendukung bukit condong ini," sebutnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Posyandu Baiturrahman Gelar Wisuda Imunisasi Balita

Senin, 28 November 2022 | 12:49:18 WIB

Buka Mubes IV IKST Provinsi Riau, Ini Harapan Gubri

Ahad, 27 November 2022 | 13:18:34 WIB

Gubri Ajak IKA UNPAD Kolaborasi Kembangkan Potensi Riau

Ahad, 27 November 2022 | 02:05:32 WIB

Gubri Serahkan Wakaf Uang Pemprov Riau Kepada 10 Madrasah

Jumat, 25 November 2022 | 19:41:04 WIB

Cek Prakiraan Cuaca BMKG untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 24 November 2022 | 09:27:43 WIB

Gubri: Kami Sangat Mensupport Investasi

Rabu, 23 November 2022 | 16:46:49 WIB