Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Gubernur Syamsuar: Padi Kaya Gizi Diharapkan atasi Stunting di Riau
Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution melakukan panen raya padi di Rohul.

ROKAN HULU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa padi kaya gizi (biofotrifikasi) inpari nitri zinc merupakan padi yang disiapkan oleh Menteri Pertanian RI untuk mengatasi stunting di Indonesia.

Untuk itu, ia berharap dengan mulai di panennya padi biofotrifikasi di Provinsi Riau, maka diharapkan dapat mengatasi kasus stunting atau gagal tumbuh pada anak di wilayah Riau.

"Padi kaya gizi ini sebenarnya benihnya disiapkan oleh Menteri Pertanian untuk mengatasi stunting," ucapnya, dalam panen raya padi kaya gizi (biofotrifikasi) inpari nitri zinc, di Agrowisata Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis (21/10/21).

Gubri menjelaskan, kasus stunting meskipun sudah mengalami penurunan, namun angkanya masih cukup tinggi di Provinsi Riau. Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kesehatan Provinsi Riau pada Minggu (17/10/21) lalu, persentase angka stunting di Riau berada pada angka 24,1 persen.

"Stunting di Riau masih cukup tinggi, termasuk di wilayah Kabupaten Rohul. Oleh karenanya, diharapkan padi kaya gizi bisa mengatasi stunting," ucapnya.

Ia menerangkan, padi kaya gizi ini nantinya akan disiapkan untuk anak-anak yang stunting di wilayah Rohul khususnya Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto. Namun, jika nantinya hasil panennya berlebih dari kebutuhan, maka padi itu akan dijual kepada perusahaan.

Syamsuar menegaskan, sistem penjualannya bukan untuk mencari untung. Akan tetapi, perusahaan yang membeli akan memberikan lagi kepada warga yang kurang mampu dan untuk anak-anak stunting yang ada di daerah lainnya di Rohul. 

Dengan demikian ia berharap sistem ini dapat menekan kasus stunting di Riau dan juga dapat meningkatkan perekonomian para petani dan masyarakat yang ada di sana.

"Ini sebenarnya tidak cari untung tapi minta bantu kepada pengusaha yang ada di Riau. Pihak pembeli sudah siap, tinggal dilaporkan kepada kami (Pemprov Riau) nanti akan kami sampaikan ke perusahaan tersebut," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

TP PKK Rohul Siap Dukung Vaksinasi di Masyarakat

Ahad, 21 November 2021 | 20:53:10 WIB

Kejari Rokan Hulu Lakukan Diversi Kasus Anak

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:08:22 WIB