Kamis, 27 Rabiul Akhir 1443 H | 02 Desember 2021
Gubernur Riau Menginap di Agro Wisata Bukit Godang, Begini Suasananya
Gubernur Riau, H Syamsuar beserta istri Hj Misnarni menikmati suasana pagi di Agro Wisata Bukit Godang. (masker hanya dilepas pada saat sesi foto)

ROHUL - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau memiliki agro wisata yang memesona. Lokasinya berada di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto. Menyajikan hamparan alam dataran tinggi di bentangan Bukit Barisan. 

Terhampar di lahan seluas 400 hektar, destinasi ini dinamai Agro Wisata Bukit Godang. Puluhan tanaman buah telah ditaman disini, satu diantaranya durian. 

Tak hanya tanaman buah, amenitas Agro Wisata Bukit Godang memiliki sejumlah villa. Pada malam hingga pagi hari suasana sejuk bakal menemani wisatawan yang menginap di tempat ini. 

Gubernur Riau, H Syamsuar beserta Wakil Gubernur Riau, H Edy Natar Nasution, beserta istri, pada Rabu (20/10/2021) malam, telah mencoba menginap disini. Ia mengakui  Desa Rokan Koto Ruang adalah desa yang sedang mengembangkan sektor pariwisata. Suasana perbukitan menjadi suguhan pemandangan yang asri serta memiliki nilai sejarah. 

"Sebagai negeri yang bersejarah [Rokan Hulu], daerah ini bisa menjadi destinasi wisata sejarah, wisata budaya, sekaligus wisata agro. Pemprov Riau akan terus berupaya membantu membangkitkan desa wisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Syamsuar, Kamis (21/10/2021). 

Ia menjelaskan, jika nantinya wisata desa berkembang, maka masyarakat di daerah itu akan bisa terbantu ekonominya. Misalnya dengan berjualan makanan, minuman dan lainnya untuk meningkatkan perekonomian warganya.

Syamsuar mengungkapkan, dari desa wisata juga diharapkan dirintisnya usaha kreatif masyarakat. Contohnya menjual cenderamata atau oleh-oleh asli daerah setempat. 

"Ini juga perlu disiapkan oleh masyarakat di sini, tentunya di bawah pimpinan pemerintah desa. Apa yang terbaik yang ada di sini. Kita buat saja disini. Kalau pelatihannya bisa diadakan Pemkab atau Pemprov, yang penting kita memberdayakan apa yang ada di desa," sebutnya.

Mantan Bupati Siak ini menerangkan, satu diantara potensi yang bisa dikembangkan adalah lidi kelapa sawit. Lidi itu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan seperti tas dan lainnya, yang bisa dikerjakan oleh kaum ibu-ibu dan anak muda.

Ia meyakini dengan didukung oleh teknologi informasi dan didorong oleh anak-anak muda Rohul, maka objek wisata Rohul bisa berkembang dan maju.

"Dengan dukungan anak muda millenial, kita bisa mengembangkan objek desa wisata," sebutnya.

Kedatangan Syamsuar bersama Edy Natar Nasution di Rohul, dalam rangka kunjungan kerja meninjau infrastruktur, kegiatan vaksinasi, dan meresmikan Jembatan Sei Siasam.

Ia juga menghadiri kegiatan panen raya padi, memberikan bantuan 6.000 benih ikan patin dan pemberian bantuan 100 kilogram pestisida kepada masyarakat, makanan tambahan balita dan bantuan kepada ibu menyusui dan ibu hamil. 

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

TP PKK Rohul Siap Dukung Vaksinasi di Masyarakat

Ahad, 21 November 2021 | 20:53:10 WIB

Kejari Rokan Hulu Lakukan Diversi Kasus Anak

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:08:22 WIB