Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin

PEKANBARU - Osteoporosis di Indonesia perlu disikapi serius dan mendapat perhatian mengingat Osteoporosis merupakan penyakit yang tidak hanya diderita oleh sebagian besar wanita yang sudah menopause namun juga dapat menyerang siapapun.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin saat menghadiri secara virtual Hari Osteoporosis Nasional 2021 sekaligus pencanangan gerakan nasional melawan Osteoporosis, Sabtu (23/10/2021).

"Osteoporosis bisa menyerang siapa siapa saja, tidak hanya lansia namun juga kelompok usia muda," kata Wapres RI saat memberikan sambutan.

Wapres RI menjelaskan bahwa Osteoporosis bisa dicegah melalui gerakan masyarakat hidup sehat dengan menjaga pola hidup sehat melalui aktivitas fisik secara rutin, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok.

"Cegah Osteoporosis dengan mengkonsumsi nutrisi yang seimbang terutama yang mengandung kalsium dan vitamin D tinggi serta deteksi dini untuk menjaga kesehatan tulang demi masa depan yang lebih produktif," terangnya.

Lanjutnya, meskipun dalam situasi pandemi, gaya hidup sehat dan aktif harus terus dilakukan dan menjadi budaya karena akan banyak manfaat yang akan dirasakan jika aktif bergerak.

"Kita akan sehat fisik dan mental, tentunya juga mengingat kualitas hidup serta mengurangi resiko kena penyakit tidak menular," ujarnya.

Wapres RI juga mengapresiasi penuh pencanangan gerakan nasional melawan Osteoporosis yang diharapkan menjadi momentum bersama untuk membangun kesadaran masyarakat untuk berani melawan Osteoporosis.

"Gerakan ini menjadi penting untuk memperoleh dukungan dari seluruh lapisan masyarakat karena gerakan ini tidak saja bertujuan mengobati tapi yang lebih penting melakukan pencegahan baik dengan aktivitas olahraga maupun asupan nutrisi yang baik setiap hari," tutupnya.

Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Perlu diketahui osteoporosis jarang menimbulkan gejala dan biasanya baru diketahui ketika penderitanya jatuh atau mengalami cedera yang menyebabkan patah tulang.

Sebagai informasi, kegiatan berlangsung secara hybrid (perpaduan luring dan daring) dari Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta serta diikuti lebih dari 3.000 jajaran Perwatusi dan kelompok senam yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Turut hadir secara virtual dari Gedung Daerah Balai Serindit, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Jenri Salmon Ginting, Kapala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Bobby Rahmad dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia  (Pewatusi) Provinsi Riau. (MC)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Hari Guru Nasional 2021, Mari Bersama Pulihkan Pendidikan

Kamis, 25 November 2021 | 22:54:43 WIB

MTQ Korpri ke V Tingkat Nasional, Riau Juara Umum 8

Sabtu, 20 November 2021 | 08:30:41 WIB

Jurus Kemenkes Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga

Kamis, 18 November 2021 | 09:30:50 WIB

Festival HAM Tahun 2021 Resmi Digelar

Rabu, 17 November 2021 | 14:49:52 WIB