Kamis, 27 Rabiul Akhir 1443 H | 02 Desember 2021

PEKANBARU - Satgas Penanganan Covid-19 di sekolah memiliki peranan penting dalam mengontrol dan mengawasi jalanya protokol kesehatan di masing-masing sekolah.

Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan mengungkapkan, agar tidak terjadi kluster Covid-19 di lingkungan sekolah, maka Satgas Penanganan Covid-19 harus bekerja secara maksimal.

"Kata kuncinya ada di Satgas sekolah, mereka harus betul-betul berperan dan bekerja mengawasi protokol kesehatan di sekolahnya masing-masing," kata Wildan, Minggu (24/10/2021).

Hal ini ditegaskan Wildan mengingat di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru akan menambah jam belajar dari dua jam menjadi empat jam.

"Jadi bukan full day, hanya penambahan jam saja, dari dua jam menjadi empat jam," ucapnya.

Sedangkan untuk kebijakan full day masih harus melalui kajian yang panjang dan harus diputuskan bersama oleh semua pihak. Baik pemerintah daerah maupun forkopimda.

Dengan adanya penambahan jam belajar ini, maka nanti akan ada SOP baru yang disusun oleh dinas kesehatan. Sebab jika lama waktu belajar empat jam, akan ada waktu istirahat.

"Ini yang harus diatur, jam istirahatnya harus diatur, murid-murid tidak boleh berkeliaran, harus ada SOPnya, sehingga penularan bisa dicegah," katanya.

Sejauh ini, kata Wildan, belum ditemukan ada kluster baru penularan Covid-19 di sekolah di Riau. Termasuk kota Pekanbaru. Sehingga kebijakan menaikkan jam belajar menjadi empat jam memang dinilai sudah tepat.

"Tapi kalau nanti ternyata ada ditemukan ada kasus atau kluster baru di sekolah, maka sekolah itu harus ditutup sementara, kemudian dilakukan penyemprotan disinfenkan, lakukan tracing orang-orang yang berkontak, di tes semua, sambil menunggu hasil keluar sekolah ditutup dulu," katanya. 

(Mediacenter Riau/sa)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pemprov Riau Bakal Renovasi Stadion Kaharuddin Nasution

Rabu, 01 Desember 2021 | 13:28:37 WIB