Sabtu, 22 Rabiul Akhir 1443 H | 27 November 2021
Kwarnas Minta Pelestarian Lingkungan Hidup Dimulai dari Riau
Bimtek Gugusdepan Ramah Lingkungan, di Balairung Datuk Empat Suku kediaman Bupati Siak.

SIAK  – Kwarnas Gerakan Pramuka yang diwakili Sekretaris Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas), Irawan Laliasa membuka Bimtek Gugusdepan Ramah Lingkungan, di Balairung Datuk Empat Suku kediaman Bupati Siak. 

Irawan Laliasa dalam sambutannya mengatakan program yang dilakukan oleh Kwarnas melalui Abdimas mengadopsi inisiasi program dari Kwarda dan Kwarcab.

“Seperti contohnya tadi Kampung Pramuka yang menjadi revitalisasi pengabdian masyarakat,” kata Irawan melalui pers rilisnya, Senin (25/10/2021). 

Menurut Irawan, Kwarnas berharap bisa memulai pengembangan pelestarian lingkungan hidup (LH) harus berangkat dari Riau yaitu berangkat dari Kwarcab Siak.

Irawan mengharapkan antara Mabi dan Kwartir satu kesatuan serta program pelestarian lingkungan hidup di Kwartir dan berjenjang serta menyesuaikan RPJMD kabupaten.

Dia menambahkan di dalam materi nantinya ada rencana tindak lanjut (RTL) sesuai dengan tugas pokok masing-masing. Dalam hal ini, kalau berada di Kwarcab berarti RTL nya apa kebijakan Kwarcab. 

"Kalau berada di Kwarda apa kebijakan Kwarda, dan kalau sebagai Pembina Gudep apa kebijakan Gudep dalam pengelolaan Gudep ramah lingkungan," ucapnya. 

“Saya ucapkan selamat mengikuti Bimtek ini, dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahiim, Bimtek Gudep Ramah Lingkungan Regional Sumatera saya nyatakan dibuka dengan resmi,” kata Irawan.

Ketua Panitia kegiatan Joko Pujiono mengatakan kegiatan yang akan berlangsung mulai tanggal 24 - 27 Oktober 2021 di Kabupaten Siak ini diikuti utusan Kwarda se-Sumatera, Kwarcab se-Daerah Riau dan Kwarran se-Kabupaten Siak. 

Sementara itu, Bupati Siak yang diwakili Wakil Bupati Siak, Husni Merza dalam sambutannya mengatakan, sejak diterbitkan Surat Keputusan Kwarnas Nomor 106 Tahun 2017.

Aturan ini tentang Panduan Program Gudep Ramah Lingkungan, Kwarcab Siak melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup sekaligus memberikan bukti dukungan dalam menciptakan Kabupaten Siak hijau.

“Tahun 2021 ini merupakan tahun ke-4 pelaksanaan kegiatan pembinaan dan penilaian Gudep ramah lingkungan,” kata Husni.

Menurut Husni, kabar yang mengejutkan dan membanggakan bagi Pemkab Siak. Di mana pada tahun 2021 Kwarcab Siak telah ditetapkan oleh Kwarnas sebagai Kwarcab penerima penghargaan kepeloporan implementasi gugusdepan ramah lingkungan yang terintegrasi. Hal ini merupakan kwarcab satu-satunya di Indonesia penerima penghargaan tersebut.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kwarnas, Kwarda dan semua pihak yang turut memberikan andil dalam mendukung kegiatan kepramukaan di Kabupaten Siak. Semoga Allah SWT memberikan balasan kepada kita semua,” ujarnya.

Turut hadir pada acara pembukaan Koordinator Wilayah I Sumatera, Jufri Efendi, Andalan Kwarnas Bayu Tresna, Sonny Sanjaya, Ketua Harian Mabida Riau, Masrul Kasmy, Ketua Kwarda Riau, HM Azaly Djohan, dan Ketua Harian Kwarcab Siak Jamaluddin. 

(Mediacenter Riau/rat)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pangdam I BB Resmikan Makodim 0322/Siak

Kamis, 25 November 2021 | 15:26:43 WIB

Pemprov Riau Gencarkan Promosi Desa Wisata

Jumat, 19 November 2021 | 21:02:04 WIB

Inilah 3 Desa Wisata Terbaik di Riau

Jumat, 19 November 2021 | 19:39:07 WIB

Danrem 031/WB Gelar Vaksinasi Massal di Siak

Sabtu, 13 November 2021 | 20:27:56 WIB

Cegah Kecelakaan, Satlantas Polres Siak Lakukan Hal Ini

Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:44:28 WIB