Kamis, 27 Rabiul Akhir 1443 H | 02 Desember 2021
Arsip Memiliki Peran Penting dalam Menjamin Aset Negara
Wakil Gubernur Riau di Komplek Wali Kota Pekanbaru, Tenayan Raya, Rabu (27/10/2021).

PEKANBARU -  Arsip memiliki peran penting dalam menjamin aset nasiona, baik di bidang ekonomi, sosial, politik, budaya pertahanan maupun keamanan sebagai identitas dan jati diri bangsa.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Riau di Komplek Wali Kota Pekanbaru, Tenayan Raya, Rabu (27/10/2021). "Untuk itu kita wajib mengelola arsip dengan sebaik-baiknya, sehingga peran arsip tersebut bisa dilaksanakan dalam pelaksanaan pemerintahan," katanya. 

Dijelaskannya, bahwa Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan. Dalam aturan ini disebutkan, bahwa penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang autentik dan tepercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal.

"Selain itu juga perlindungan hak-hak negara dan kepentingan hak-hak keperdataan, keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset nasional dan mendeminisasikan penyelenggaraan kearsipan nasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik," lanjutnya.

Edy menyebut, bahwa yang menjadi tantangan kearsipan yang dihadapi saat ini diantaranya, kelembagaan dan kebijakan kearsipan yang belum sepenuhnya berjalan dengan optimal, arsip dinamis dan statis juga belum sepenuhnya terlaksana dengan optimal, pengamatan, pemanfaatan dan pelayanan arsip belum terlaksana dengan baik.

"Tidak hanya itu, kebutuhan arsitaris sebagai sumber kearsipan pun belum terpenuhi secara merata," terangnya.

Untuk itu ia berharap Arsip Nasional Republik Indonesia memberikan dukungan baik bersifat pembinaan maupun pendanaan sehingga penyelenggaraan kearsipan di seluruh provinsi Riau dapat sejajar dengan daerah lain yang sebelumnya sudah lebih maju.

"Kita harapkan Arsip Nasional memberi dukungan itu supaya daerah yang di Provinsi Riau ini bisa lebih maju lagi," pungkasnya.

MC

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pemprov Riau Bakal Renovasi Stadion Kaharuddin Nasution

Rabu, 01 Desember 2021 | 13:28:37 WIB