Kamis, 27 Rabiul Akhir 1443 H | 02 Desember 2021
Layanan PAUD Diharapkan Dapat Menjadi Semakin Berkualitas

PEKANBARU - Asisten III Setda Riau, Syahrial Abdi mengharapkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Riau dapat menjadi semakin berkualitas. Karena masa depan Provinsi Riau dan bangsa Indonesia akan ditentukan oleh upaya yang dilakukan untuk anak usia dini.

Syahrial Abdi menjelaskan, saat ini semua pihak sedang dihadapkan dengan anak generasi alpha yang terlahir sejak tahun 2010, yang  memiliki karakter yang khas dan berbeda dengan generasi sebelumnya.

Dimana sebutnya, sejak generasi alpha lahir ke dunia, generasi tersebut sudah hidup dengan perkembangan teknologi yang masif, gadget sudah menjadi bagian kehidupan mereka sepenuhnya dan mereka tumbuh dengan gadget sudah di tangan.

"Kita harapkan layanan pendidikan anak usia dini kita semakin lebih baik. Anak generasi alpha tidak bisa hidup tanpa smartphone, tidak bisa hidup tanpa mengoperasikan gadget sejak usia dini," ujarnya dalam acara pengukuhan Bunda PAUD Provinsi Riau, Rabu (27/10/21).

Syahrial Abdi mengungkapkan, kemajuan teknologi yang pesat ini akan mempengaruhi generasi muda Indonesia khususnya Provinsi Riau. Mulai dari gaya belajar, materi yang diperoleh di sekolah, sampai pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

"Ruang dan waktu tidak lagi menjadi batasan, jarak semakin tak berarti, pergaulan tidak lagi ditentukan dari faktor lokasi," ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Asisten III Setda Riau ini, tidak heran kondisi saat ini menjadikan generasi alpha menjadi lebih cerdas dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Menyikapi kondisi ini, Syahrial Abdi berharap pembelajaran di PAUD harus bertransformasi, melekat dengan karakter anak alpha ini. Guru harus melek teknologi, memiliki informasi terkini yang disampaikan di kelas serta mampu mendorong anak untuk belajar secara aktif.

"Namun pada kenyataannya, tidak semua guru kita memiliki akses kepada teknologi dan informasi, disinilah salah satu peran dari Bunda PAUD yakni menghubungkan guru  dengan pihak-pihak atau stakeholder yang dapat membantu mereka meningkatkan kualitas pembelajaran dan performa dalam mengajar," terangnya.

Syahrial Abdi berharap dengan peran aktif Bunda PAUD di Provinsi Riau dalam menjalankan sinergitas, kolaboratif untuk mewujudkan layanan PAUD holistik integratif di daerahnya masing-masing. Maka anak-anak usia dini akan dapat terpenuhi kebutuhan pendidikannya, pengasuhannya, kesehatan, perlindungan dan kesejahteraannya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Menyambut Kedatangan Paskibraka Nasional Utusan Prov Riau

Penyusunan Dan Pembahasan Rancangan APBD T.A 2022 secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau

Pemprov Riau Bakal Renovasi Stadion Kaharuddin Nasution

Rabu, 01 Desember 2021 | 13:28:37 WIB