Senin, 9 Rajab 1444 H | 30 Januari 2023
HKN ke-57, Masyarakat Riau Dapat Vaksinasi dan Yankes Gratis, Diskes Sabet Banyak Penghargaan
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU - Puncak perayaan hari kesehatan nasional (HKN) ke-57 tingkat Provinsi Riau dimeriahkan dengan bakti sosial (baksos), vaksinasi dan layanan kesehatan (Yankes) bagi masyarakat umum. Kegiatan ini dipusatkan di SMAN 2 Siak Hulu, Kubang, Kampar, Riau, Sabtu (20/11/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menjelaskan bahwa sebelum puncak perayaan, Diskes telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan seminar, diantaranya pekan edukasi pada 4-9 November 2021 dan seminar kesehatan di RS Aulia pada 16 November 2021.

Kemudian, pada puncak peringatan HKN diadakan bakti sosial seperti cek kesehatan, donor darah, pemeriksaan mata, pemeriksaan obygin, screening TBC, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan tumbuh kembang anak, pembagian masker, dan vaksinasi.

"Sesuai tema HKN ke-57, Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesia Ku, kami melakukan banyak kegiatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum. Selain itu, mengingat pentingnya vaksinasi di masa pandemi ini, maka kami juga melakukan vaksinasi massal untuk masyarakat umum, baik dosis pertama maupun kedua," kata Mimi.

Sejak awal, Mimi memang telah berharap agar perayaan HKN tahun ini lebih bermanfaat dan menyentuh masyarakat secara langsung. Khususnya bagi masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

"Mari kita wujudkan tema sehat negeriku, tumbuh Indonesia ku tersebut. Semoga pandemi ini segera berakhir," tukasnya.

Untuk diketahui, pada perayaan HKN ke-57 ini juga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan insan kesehatan di Riau mendapatkan sejumlah penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan BPJS Kesehatan.

Diantaranya, ada penghargaan yang diberikan oleh Kemenkes bagi instansi yang membantu pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diberikan kepada Dinas Kesehatan Riau.

Lalu, penghargaan yang diberikan oleh Kemenkes kepada Pemprov Riau atas keberhasilan meraih peringkat 1 Indeks Kualitas Data Rutin tingkat Provinsi.

Selanjutnya, penghargaan dari Kemenkes kepada Provinsi Riau atas keberhasilan meraih peringkat ke 2, kategori kelengkapan unit melapor pada pemeringkatan profil kesehatan tahun 2020.

Kemudian, penghargaan dari Kemenkes yang diberikan kepada Provinsi Riau atas keberhasilan meraih peringkat ke 2 kategori kelengkapan variabel pada pemeringkatan profil kesehatan tahun 2020.

Selanjutnya, penghargaan yang dari Kemenkes kepada Provinsi Riau atas keberhasilan meraih peringkat ke 2 kategori konsistensi antar indikator pada pemeringkatan profil kesehatan tahun 2020.

Lalu, penghargaan dari BPJS Kesehatan yang diberikan kepada RSUD Tengku Rafian sebagai rumah sakit paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN-KIS tahun 2021.

13 Media di Riau Terima Penghargaan dari Gubernur Riau dan Diskes

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memberikan penghargaan kepada sejumlah media massa di Riau yang dinilai telah berkontribusi dan mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubri Syamsuar kepada Pimpinan Redaksi (Pimred) media massa yang hadir di lokasi peringatan HKN di SMAN 2 Siak Hulu, Kubang, Sabtu (20/11/2021).

"Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kami kepada media yang telah mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19. Tanpa dukungan media, apa yang disampaikan pemerintah tidak mungkin sampai kepada masyarakat luas," kata Gubri.

Untuk diketahui, Pemprov Riau melalui Diskes Riau memberikan penghargaan kepada sejumlah insan kesehatan, perusahaan dan media massa yang dinilai berkontribusi dan mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19.

Totalnya ada 13 media massa yang menerima penghargaan, terdiri dari 10 media massa lokal dan tiga perwakilan media massa nasional di Riau. Yaitu, GoRiau.com, Riau Terkini, Riau Pos, Cakaplah, Haluan Riau, Tribun Pekanbaru, Riau Online,  Tribun Pekanbaru, RTV, TVRI, Kompas TV, TvOne, dan Indosiar. 

(Mediacenter Riau/rat)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

UNRI Terima 7300 Mahasiswa Baru Tahun ini

Ahad, 29 Januari 2023 | 07:57:54 WIB

Ini Prakiraan Cuaca di Riau pada 29 Januari 2023

Ahad, 29 Januari 2023 | 07:51:58 WIB

Viral! Buaya Raksasa Muncul di Sungai Siak

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:02:27 WIB

Pelantikan DPD IKANAS Riau, Wagubri Ajak Membangun Bangsa

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:51:55 WIB

62 Calon Petugas Haji Riau Akan Ikuti Seleksi Tahap Kedua

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:10:16 WIB