Jumat, 18 Jumadil Akhir 1443 H | 21 Januari 2022
Buka Agenda Pengawasan Daerah Provinsi Riau, Wagubri Sampaikan Hal ini
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menghadiri sekaligus membuka agenda gelar pengawasan daerah Provinsi Riau, di Hotel Grand Jatra Pekanbaru, Senin (22/11/2021).

Dalam sambutannya, Wagubri menyebutkan, bahwa pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2017.

PP ini secara umum mengatur, mengenai pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah, dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah, tata cara pembinaan, dan lain sebagainya.

"Peraturan ini juga memperjelas, bagaimana mekanisme koordinasi antara APIP dengan APH dalam penanganan pengaduan masyarakat," ucap Wagubri.

Menurutnya, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, maka perlu membangun kerjasama di antaranya dengan BPK RI, BPKP, dan APH untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan dan pembangunan di Provinsi Riau.

"Dimana dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan pengawasan, dan pertanggungjawaban," lanjutnya.

Ia juga menjelaskan agenda pengawasan ini menjadi satu di antara instrumen untuk mengukur tingkat perangkat daerah. Dalam rangka percepatan pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan inspektorat jenderal Kementerian Dalam Negeri, BPK RI, BPKP Riau, inspektorat, pada masing-masing perangkat daerah dan kabupaten dan kota di Riau.

"Hal ini tentunya, untuk meningkatkan fungsi dan peranan pengawasan dalam pelaksanaan tugas pada tiap unit kerja pada pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik," sebutnya.

Sehingga, ungkap Wagubri, perlu dilakukan upaya strategis terhadap tata pemerintahan yang baik antara lain, meningkatkan koordinasi antara aparat pengawasan pemerintah, meningkatkan efektivitas kegiatan pengawasan yang menjadikan tindak lanjut hasil temuan pemeriksaan sebagai salah satu substansi yang sangat penting dalam proses pengawasan.

"Juga perlunya, mendorong kesadaran dan tanggung jawab aparat pemerintah untuk menghindari diri dari tindakan yang mengarah kepada korupsi kolusi dan nepotisme," tuturnya. 

(Mediacenter Riau/dw)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Keterbatasan Biaya Bukan Penghalang Untuk Kuliah

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:39:54 WIB

Kakanwil Kemenkumham Riau Silaturahmi Ke Kejati Riau

Rabu, 19 Januari 2022 | 17:40:25 WIB