Selasa, 22 Jumadil Akhir 1443 H | 25 Januari 2022
Gubri Dukung Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah Jadi Pahlawan Nasional 

PEKANBARU - Program Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru mengusulkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah menjadi pahlawan nasional.  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mendukung usulan tersebut. 

"Kami siap mensupport Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah menjadi pahlawan nasional," kata Syamsuar saat bersilaturahmi dengan TP2GD Pekanbaru di Rumah Dinas Gubernur Riau, Rabu (1/12/2021). 

Untuk memudahkan jalannya TP2GD Pekanbaru dalam upaya mengusulkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahlawan nasional, Gubri mengusulkan tim sudah mulai mengumpulkan dokumen, bukti-bukti termasuk orang yang mengetahui sejarah dan perjuangan Sultan Siak Sri Indrapura ke-5 ini, serta mengikuti berbagai tahapan yang sesuai dengan perundang-undangan. 

Menurut informasi, lanjut Gubri, beberapa daerah di Indonesia mengetahui tentang perjuangan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Untuk itu, Syamsuar meminta TP2GD Pekanbaru menelusuri jejak perjuangan Sultan Muhammad Ali Abdul tidak hanya di Riau, tapi juga diluar Riau. 

"Kemudian yang lebih penting sekarang kita sudah mulai mensosialisasikan tentang Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah di Kota Pekanbaru ini, sehingga diharapkan dalam beberapa wakatu dekat almarhum dapat dikukuhkan sebagai pahlawan nasional," harap Gubri. 

Dijadikannya Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahlawan nasional, sebut agubri, bertujuan agar anak-anak Riau melek sejarah dan kenal dengan tokoh-tokoh Riau. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekanbaru yang juga Ketua TP2GD Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengaku telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka mendukung dokumen-dokumen yang diperlukan untuk usulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahlawan nasional. 

"Kami bersama tim juga sudah bersilaturahmi dengan para tokoh yang ada di Riau dan respon positif," jelasnya. 

Tidak hanya itu, TP2GD Pekanbaru saat ini tengah melakukan sketsa wajah Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah, serta telah mensosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat. 

Alasan diusulkannya Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahlawan nasional, sebut Ayat Cahyadi, karena dianggap sangat berjasa bagi masyarakat Kota Madani.(Media Center Riau)

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Jelang Pelantikan, IKA UIN Suska Gelar Beragam Lomba

Senin, 24 Januari 2022 | 19:44:54 WIB

Riau Bikin Pergub Soal Pendidikan Vokasi

Senin, 24 Januari 2022 | 10:12:51 WIB

IKA Unand Riau Siap Bantu Majukan Bumi Lancang Kuning

Ahad, 23 Januari 2022 | 21:24:27 WIB