Sabtu, 26 Jumadil Akhir 1443 H | 29 Januari 2022
Siapkan SDM Unggul di Riau, Gubri Resmikan Program Suluh Riau

PEKANBARU - Dalam rangka untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Riau yang unggul dan berdaya saing, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meresmikan program sinergi dalam upaya melanjutkan harapan masyarakat Riau (Program Suluh Riau) di Auditorium Politeknik Caltex Riau (PCR), Kamis (2/12/2021).

Program Suluh Riau ini sendiri merupakan sebuah program sertifikasi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan PCR dengan dukungan dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Riau. 

Untuk saat ini ada dua program pelatihan yang diselenggarakan dalam Program Suluh Riau, yaitu Operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3) Umum dan pipe welder (juru las pipa).

Gubri menyambut baik Program Suluh Riau ini, terutama dalam rangka mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi sesuai dengan apa yang diharapkan dunia kerja pada saat ini.

Program Suluh Riau ini sendiri, ungkapnya, sejalan dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk meningkatkan SDM yang ada di Riau.

"Karena itu sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada PHR yang selalu komitmen mengadakan pelatihan ini," sebutnya.

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan, Pemprov Riau tentunya akan terus berupaya mendukung dan memberikan apresiasi atas terealisasinya Program Suluh Riau tersebut.

Ia berharap kegiatan ini nantinya tidak hanya dilaksanakan untuk dua kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Bengkalis. Akan tetapi juga dikembangkan untuk kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau.

Karena bagaimanapun, menurutnya, ini menjadi satu di antara langkah mempersiapkan anak-anak Riau yang siap pakai. Sebab, sekarang dalam dunia kerja yang penting adalah kompetensi.

"Jadi (Program Suluh Riau, red) merupakan salah satu upaya untuk menghindari pengangguran," terangnya.

Gubri menambahkan, tahun lalu Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Riau sebesar 6% lebih. Namun karena banyaknya dunia industri yang butuh tenaga kerja di Riau, termasuk adanya investasi yang cukup besar di Riau, ini juga mengurangi pengangguran di Riau.

"Jadi sekarang pengangguran terbukanya hanya 4% lebih (turun dari tahun lalu), jadi ini semua tentunya sekaligus mempersiapkan SDM yang berdaya saing sekaligus juga untuk mengurangi pengangguran," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Peran PPJB Sangat Penting Dalam Menunjang Pembangunan

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:48:47 WIB

Gubernur Riau Ajak Guru Untuk Ikuti Vaksinasi Booster

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:50:37 WIB

Gubernur Riau Luncurkan Film dan Buklet Lentera Harapan

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:00:51 WIB

Silaturahmi Dengan Pendeta, Gubri: Mari Saling Membantu

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:36:46 WIB