Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

DUMAI - Wakil Wali Kota Dumai, Riau, Agus Widayat menyatakan, pada hari pertama kerja aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) setempat usai libur Idul Fitri 1435 Hijriah tidak dihadiri hanya pegawai yang cuti hamil dan izin menikah.

"Tingkat kehadiran pegawai pada hari pertama kerja ini cukup baik dan kita melihat kesadaran aparatur untuk segera bekerja usai liburan mulai membaik," katanya saat memimpin inspeksi mendadak ke sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Senin.

Menurutnya, kesadaran cukup baik para aparatur pemerinahan ini hendaknya tidak saja terjadi ketika mengetahui akan dipantau atasan, melainkan muncul dari hati sendiri untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Sebab, kedisiplinan baik dan tinggi yang hanya didasarkan pada rasa takut terpantau oleh atasan tentu saja tidak efektif untuk menunjang kinerja dan mencapai target kerja yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Hendaknya disiplin ini terus ditingkatkan, dan jangan hanya karena akan disidak saja baru tertib untuk hadir datang bekerja," ujarnya.

Dia mengingatkan agar para pegawai yang bekerja di semua instansi pemerintahan segera memulai kerja melayani masyarakat dan menggesa pelaksanaan program kerja yang sudah ditetapkan demi suksesnya pembangunan daerah.

Kegiatan sidak ini, lanjutnya, dalam rangka melihat tingkat kepatuhan dan kedisiplinan aparatur pemerintah untuk hadir dan memulai bekerja usai berliburan terkait Idul Fitri serta bersilaturahmi.

"Pegawai hadir secara keseluruhan, namun ada beberapa pegawai yang tidak hadir dengan alasan sakit dan cuti nikah. Sidak ini bertujuan juga untuk menekan tingkat ketidakhadiran aparatur agar mereka disiplin dan mematuhi aturan kepegawaian," jelasnya.

Pemkot Dumai sebelumnya telah menegaskan kepada para pegawai agar tidak menambah masa liburan sesuai yang ditetapkan pemerintah, karena sanksi tegas menunggu bagi yang melanggar.

Peninjauan dilakukan di sejumlah instansi, diantaranya, Badan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Kantor Lingkungan Hidup, RSUD, Disperindag, Disdukcapil, Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD), Kantor Perpustakaan, Kelurahan Buluh Kasap dan Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur.

Inspeksi mendadak juga dilakukan tim dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat ke beberapa instansi, diantaranya, Kecamatan Dumai Timur, Kecamatan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Selatan, sejumlah Puskesmas, Disnakertrans, Satpol PP, Kantor Pelayanan Pasar dan kantor kelurahan. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB