Selasa, 22 Jumadil Akhir 1443 H | 25 Januari 2022
BUMD Harus Mampu Berkontribusi untuk Daerah
Plt Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Aryadi,

PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt), Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Aryadi, menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tata Kelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), se Provinsi Riau, di Pekanbaru, Rabu (8/12/2021).

Saat memberikan sambutan, Aryadi menyampaikan, bahwa BUMD merupakan  kontributor pendapatan asli daerah yang dimiliki oleh provinsi maupun kabupaten/kota dalam membiayai pembangunan daerah.

"Sehingga pendapatan asli daerah menjadi penting bagi Pemerintah Daerah untuk menjamin keberlangsungan usaha dan operasional BUMD," kata Aryadi

Selanjutnya Aryadi mengatakan, sebagai formulasi jaminan keberlangsungan usaha tersebut, pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola yang baik pada BUMD menjadi bagian yang sangat strategis untuk diimplementasikan dalam operasional BUMD. 

Kemudian, termasuk upaya untuk mengikuti laju gerak Dunia Usaha dan kemampuan untuk mengikuti momentum bisnis yang tidak membeda-bedakan status perusahaan, BUMD, BUMN, Swasta Nasional maupun Swasta Asing, yang merupakan kompetiter dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

"Maka semakin jelas bahwa perusahan dengan tata kelola yang baik dapat bersaing dengan para kompetitornya," tuturnya.

Aryadi juga menjelaskan, Keberadaan BUMD sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola Pemerintah Daerah memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. 

Untuk itu Aryadi berharap berdirinya BUMD di suatu daerah dapat memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian masyarakat.

"BUMD diharapkan dapat beroperasi dengan efektif, efisien dan menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance. Sehingga dapat menyediakan produk-produk dan layanan yang berkualitas untuk masyarakat," ucapnya. 

"BUMD juga harus berupaya memperbaiki profitabilitasnya, sehingga dapat di andalkan sebagai salah satu sumber pendanaan utama bagi pendapatan asli daerah," tutupnya, tutup Aryadi. 

(MC)

Info Lainnya

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Gubernur Corner

Ramah Tamah Pemprov Riau Dan Pemberian Bonus Untuk Atlet Berprestasi Leani Ratri Oktila

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Jelang Pelantikan, IKA UIN Suska Gelar Beragam Lomba

Senin, 24 Januari 2022 | 19:44:54 WIB

Riau Bikin Pergub Soal Pendidikan Vokasi

Senin, 24 Januari 2022 | 10:12:51 WIB

IKA Unand Riau Siap Bantu Majukan Bumi Lancang Kuning

Ahad, 23 Januari 2022 | 21:24:27 WIB