Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

DUMAI - Rumah Tahanan (Rutan) Kota Dumai, Riau menyerahkan remisi khusus Idul Fitri 1435 Hijriah tahun 2014 kepada sebanyak 182 narapidana dengan masa pengurangan hukuman bervariasi.

Kepala Rutan Dumai Muhammad Lukman mengatakan, remisi diberikan kepada warga binaan usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri lalu di halaman Rutan yang berlokasi di Jalan Pemasyarakatan Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan.

"Warga binaan yang mendapatkan remisi ini hanya yang beragama Islam dan mereka yang sudah menjalani sepertiga masa kurungan serta berperilaku baik selama di penjara," katanya kepada pers, Senin.

Dia menjelaskan, pengurangan masa hukuman bagi narapidana diberikan secara bervariasi, dan tidak ada yang langsung bebas dari kurungan penjara.

Penerima remisi ini, lanjut dia, sebelumnya diusulkan pada Kementrian Hukum dan HAM RI terkait khusus menghadapi perayaan Idul Fitri 1435 H, dan akhirnya ditetapkan 182 napi yang memperoleh pengurangan masa tahanan.

"Pemberian remisi disesuaikan dengan jenisnya yang didasarkan pada berapa lamanya narapidana menjalani hukuman pidana," ujarnya.

Para narapidana yang menerima remisi ini merupakan penghargaan dari Negara kepada pelanggar hukum sebagai salah satu sarana pembinaan atas konsekuensi menjalani hukuman penjara.

Dia mengharapkan, pemberian remisi ini kedepan mendatang dapat memotivasi para tahanan dan napi untuk terus memperbaiki jati diri dengan berkelakuan baik selama menjalani hukuman.

Diketahui, Rutan Dumai kini dihuni sedikitnya 500 an warga binaan dari berbagai kasus tindak pidana kejahatan dan kriminal, namun jumlah tersebut telah melebihi kapasitas hunian yang diperkirakan hanya sebanyak 200 an penghuni.

Kelebihan jumlah narapidana yang menjalani sanksi hukuman negara ini disebabkan semakin tingginya tingkat kejahatan dan jumlah pelaku dalam satu perkara lebih dari satu orang. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB