Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

DUMAI - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai Riau H Amiruddin menyatakan, pelaksanaan pembayaran tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 bagi pekerja swasta nihil dari pengaduan.

Menurutnya, ini terpantau dari tidak adanya keluhan masuk ke posko THR yang dibuka Disnakertrans sejak H-7 Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 untuk melayani keluhan pekerja terkait pembayaran THR.

"Tidak ada laporan masuk terkait pelaksanaan pembayaran THR mengindikasikan bahwa sejauh ini perusahaan sudah mulai taat terhadap aturan pemerintah," katanya kepada pers di Dumai, Selasa (5/8).

Dia menyebutkan, sebelumnya Disnakertrans telah mengedarkan surat pemberitahuan terkait himbauan agar perusahaan membayarkan THR paling lambat H-7 lebaran dan membentuk posko pengaduan serta pengawasan hingga H+7.

Posko pengaduan THR, lanjutnya, untuk mengantisipasi persoalan THR, seperti adanya pengusaha yang tidak memberikan hak kepada para karyawan sesuai ketentuan.

Sebab, dalam ketentuan, perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerja seperti diatur dalam Permenaker RI nomor 4/MEN/1994 tentang pembayaran THR keagamaan bagi pekerja di perusahaan.

Pemberian THR kepada karyawan swasta, lanjutnya, seperti yang diatur pemerintah harus sesuai dengan tata cara yang berlaku dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan.
 
Besaran THR yang harus diberikan sebesar satu bulan gaji bagi karyawan yang memiliki masa kerja di atas 12 bulan. Sedangkan bagi karyawan yang baru bekerja 3 bulan, mendapatkan THR secara proporsional dari perusahaan, dan tentunya tetap mengacu kepada ketentuan yang berlaku.

"Bagi buruh yang tidak menerima THR atau yang diterima tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku bisa melaporkan ke Posko pengaduan THR. Namun hingga kini posko nihil laporan dan ini membuktikan perusahaan taat pada aturan," ungkapnya. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB