Senin, 13 Safar 1443 H | 20 September 2021

DUMAI - Jumlah warga pendatang di Kota Dumai Riau dari berbagai daerah di seluruh nusantara habis lebaran 2014 ini diprediksi meningkat hingga mencapai 10 persen menyumbang pertambahan jumlah penduduk di kota itu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Dumai Suardi menyatakan, pertambahan jumlah penduduk pendatang ini diakibatkan perpindahan masyarakat dari desa ke kota atau urbanisasi serta pendatang dari berbagai kota lain.
 
"Masuknya warga pendatang karena faktor pertumbuhan ekonomi yang pesat di daerah ini, dan adanya anggapan Dumai kota yang potensial untuk mencoba peruntungan nasib demi kelangsungan hidup," katanya, Rabu (6/8).

Dia menambahkan, keinginan banyak orang untuk masuk ke daerah ini tidak terlepas dari strategisnya letak geografis Dumai yang memiliki pantai dan belasan pabrik industri serta berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.

Disdukcapil mencatat, pertumbuhan jumlah penduduk rata-rata meningkat 10 persen pertahun, dan data terakhir jumlah penduduk sebanyak 317 ribu jiwa, dan bertambah dari tahun 2012 yang mencapai 293.863 jiwa.

Kendati tidak dapat melarang masuknya warga pendatang, namun pihaknya akan intens melakukan pengawasan dan penertiban administrasi kependudukan dengan cara menggelar razia identitas diri seperti KTP dan KK yang akan dilakukan tim yustisi daerah.

"Operasi razia ini bertujuan sebagai pendataan jumlah pendatang masuk dan penertiban administrasi identitas diri warga, supaya warga tertib dan bisa mengurus kepentingan dengan mudah dan cepat," terangnya.

Dia mengingatkan, bagi warga pendatang agar membawa surat pindah dari daerah asal domisili dan segera mengurus keperluan administrasi identitas diri di Disdukcapil Dumai. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB