Ahad, 12 Safar 1443 H | 19 September 2021

DUMAI - Peringatan HUT Provinsi Riau ke 57 diperingati Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai pada Senin (11/8) dengan menggelar upacara di halaman komplek perkantoran pemerintahan setempat di Jalan HR Subrantas, Kecamatan Dumai Timur.

Upacara dengan peserta pegawai dan pelajar ini dipimpin Wakil Walikota Agus Widayat ini dihadiri unsur pimpinan daerah, sekretaris daerah, para asisten, staf ahli, kepala badan, dinas, kantor, bagian, camat, lurah dan undangan.

Agus Widayat menyatakan, peringatan hari jadi propinsi ini diselenggarakan sebagai suatu momen atau peristiwa yang penting dan bersejarah bagi segenap lapisan masyarakat Riau. Sebab, perjuangan pembentukan Riau melalui jalan panjang dan berliku-liku dengan memakan waktu sedikitnya 6 tahun.

"Presiden Soekarno menandatangani undang-undang darurat berdirinya Provinsi Riau di Denpasar, Bali, pada 9 Agustus 1957 lalu. Peringatan Hari Jadi ini mengembalikan memori kita kepada amal bakti dan jasa-jasa para syuhada dan pejuang provinsi sehingga warga merasakan makna kemerdekaan," jelasnya.

Dia melanjutkan, perjuangan mendirikan Provinsi Riau bukanlah perjuangan yang ringan, karena banyak rintangan dan tantangan yang memakan waktu panjang, air mata serta  pengorbanan jiwa dan raga.

Peringatan HUT Riau kali ini tidak hanya dipandang dari pelaksanaan serimonial belaka, melainkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk menyatukan visi dan persepsi, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan, sehingga menjadikan suatu penuntun dan kekuatan agar daerah ini lebih baik dan lebih maju.

"Provinsi Riau dianugerahi letak yang strategis dan kekayaan alam mulai sektor kelautan, industi dan lainnya. Pada usia ke 57 ini diharapkan masyarakat Riau umumnya semakin maju dan sejahtera," harapnya. (MC Riau/ar)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

Menteri ATR/BPN Pesan Masyarakat Jangan Gunakan Jasa Pinjol

Kamis, 02 September 2021 | 21:10:39 WIB

Hari Pertama Razia di Dumai, 56 Kendaraan Ditilang

Rabu, 28 Juli 2021 | 18:43:23 WIB

Gubri Tinjau Infrastruktur 4 Kabupaten/Kota di Riau

Sabtu, 24 Juli 2021 | 22:29:09 WIB