Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

ROKAN HULU - Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memenuhi kebutuhan konsumsi terhadap buah-buahan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, mencanangkan program pengembangan tanaman pekarangan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holti Kultura (TPH) Rohul, Sri Hardono melalui Sekretarisnya Mubrizal di ruang kerjanya, Selasa (12/8) mengatakan, rencana pengembangan tanaman buah-buahan tersebut pada tahun anggaran 2014 ini akan dilaksanakan di Kecamatan Rambah, Rokan IV Koto Desa Cipang Kiri dan Kecamatan Tambusai.    

"Sedangkan jenis tanaman yang akan dikembangkan tersebut yaitu buah Lengkeng, Jambu, Mangga, Manggis, Rambutan, Pulasan dan lainnya," ungkap Mubrizal.

Program ini kata Mubrizal, tanaman dengan menyediakan buah-buahan bibit unggul (Cepat berbuah red-), dilaksanakan dengan sistem atau pola tanaman pekarangan tanaman ini akan berbuah sekitar 4 sampai 5 tahun masyarakat sudah bisa mengahsilkannya.    

"Kami juga akan membantu perawatan tanaman pekarangan di daerah Tambusai dengan pupuk jenis NPK dan pupuk Kandang, kemudian jika ada yang mati kita sisip lagi, luas arealnya dalam perawatan tersebut sekitar 25 hektar, selama ini memang sudah menghasilkan, nanti tanaman yang mati dibantu penyisipannya," jelas Mubrizal.   

Disatu sisi, tambah Mubrizal, Pemkab Rohul mengadopsi program Pemprov Riau dengan adanya istilah Gerakan Menanam Buah-buahan (Gerinambuah). Menurutnya, tahun ini juga dari APBD Provinsi Riau, ada program tanaman jeruk untuk 20 Hektar di Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujungbatu.

"Targetnya tidak muluk-muluk, dengan adanya pola pengembangan buah-buah pekarangan ini, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat atau menambah inkam masyarakat, kemudian untuk bisa untuk dikonsumsi," jelas Mubrizal. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB

Gubri Akan Usulkan Jalan Perbatasan Jadi Jalan Nasional

Kamis, 12 November 2020 | 16:54:34 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB