Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Diskominfotik Riau Jelaskan Manfaat Aplikasi SSO

PEKANBARU- Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau, Muhammad Arifin memaparkan manfaat pengunaan aplikasi Single Sign On (SSO) dalam acara sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi SSO, di Ruang Melati Kantor Gubernur, Rabu (30/3/22)

Dalam penjelasannya aplikasi SSO memiliki manfaat diantaranya, pertama, pengguna jaringan tidak perlu mengingat banyak username dan password untuk mengakses berbagai aplikasi dalam jaringan, namun cukup hanya menggunakan satu akun saja.

Kedua, lebih praktis karena tidak perlu memasukkan username dan password lagi. Ketiga, mengurangi human error. Keempat, mengurangi tingkat kejenuhan user dalam penggunaan password.

Kelima, efisiensi waktu, karena tidak perlu password kembali untuk identitas yang sama. Keenam, mengurangi biaya IT seiring dengan berkurangnya user yang meminta bantuan mengenai hal otentifikasi, permasalahannya dalam hal ini meliputi username dan password. Ketujuh, keamanan disemua level akses baik masuk maupun keluar sistem.

“Jadi memang semua aplikasi itu kelayakannya itu harus diassignment oleh badan siber dan sandi negara. Alhamdulillah kita sudah mendapat sertifikat, artinya SSO Riau ini telah diakui kemanannya,” jelasnya.

Sesuai dengan pasal 64 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika, jika Organsasi Perangkat Daerah (OPD) ingin melakukan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), harus meminta persetujuan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), yaitu Kadis sebagai Government Chief Information Officer (GCIO) yang salah satu tugasnya adalah menjamin keterpaduan integrasi sistem informasi yang ada di seluruh OPD.

“SK ini telah kita sampaikan kepada bapak ibu semua yang ada di OPD melalui came office dan juga di grup Whatsapp sudah kita sampaikan” ucapnya 
Peserta acara terdiri dari sekretaris atau pejabat administrator yang mengurusi kesekretariatan perangkat daerah sebanyak 45 orang dan tenaga IT masing – masing OPD sebanyak 45 orang.

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca untuk Wilayah Riau Hari Ini

Kamis, 30 Mei 2024 | 10:59:46 WIB