Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Gubri Berpesan Jangan Lupakan Sejarah Riau

Duri - Gubernur Riau Syamsuar berpesan agar masyarakat jangan melupakan sejarah yang ada di Riau.  Hal tersebut disampaikannya saat memberi kata sambutan safari ramadhan 1443 H di Masjid Al-Hikmah Desa Tambusai Batang Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Sabtu malam (9/4/2032).

    Dalam sambutannya, Syamsuar menceritakan bahwa di tengah perjalanan menuju Desa Bukit  Batu  dirinya  menjumpai  tiga orang anak dan ingin mengetes pengetahuannya tentang salah satu sejarah Riau yaitu Kerajaan Siak.

   “ Di tengah perjalanan menuju Desa Bukit Batu,  saya melihat ada tiga orang anak SD. Saya pun ingin memberikan hadiah jika bisa benar menjawab pertanyaan saya tentang siapa nama Raja Kerajaan Siak. Tetapi tidak ada satupun yang bisa menjawab pertanyaan saya,” jelas Syamsuar.

Gubri mengaku kecewa karena banyak yang lupa bahkan tidak mengetahui tentang  sejarah kerajaan Siak. Padahal kerajaan Siak dizamannya adalah kerajaan yang besar di Indonesia.

"Kerajaan Siak memiliki kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia. Bahkan  Raja Sultan Syarif Qasim II telah di akui negara sebagai pahlawan nasional, " jelasnya.

Selain itu, Gubri juga menyinggung tentang perhatian pemerintah kabupaten kota terkait  gaji guru bantu. “ Baru tiga kabupaten dan kota yang baru mencairkan gaji guru bantu. Oleh sebab itu kami minta   perhatian lebih dari pemerintah daerah,” kata Gubri.

   Ditegaskannya, keterlambatan pembayaran gaji guru bukan disebabkan  kesalahan dari Pemprov ,  tetapi terjadi keterlambatan pemerintah kabupaten dalam mengurus administrasi.

“ Kami selalu menyiapkan anggarannya, tetapi jika gaji guru bantu terjadi keterlambatan atau belum dibayar itu bukan kesalahan dari Pemprov. Melainkan  kesalahan keterlambatan kabupaten kota  dalam mengurus administrasi,” tegasnya.

    Di akhir penyampaiannya, Gubri mengingatkan kepala daerah kabupaten dan kota  segera melakukan pencairan sebelum hari raya Idul Fitri. “ Sedih rasanya jika sampai tidak dapat merayakan Idul Fitri,” tutupnya

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Bupati Bengkalis Terima Penghargaan Baznas Award 2024

Jumat, 01 Maret 2024 | 06:10:56 WIB