Kamis, 10 Syawwal 1445 H | 18 April 2024
Gubri Syamsuar saat meresmikan rumah vaksin kedua di RSJ Tampan

PEKANBARU- Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si, Ahad petang (10/4/2022), meresmikan rumah vaksin 24 jam untuk melayani warga wilayah Panam dan sekitarnya. Rumah vaksin 24 jam kedua ini di pusatkan di teras Rumah Sakit Jiwa Tampan. 

Melihat antusias masyarakat yang ingin mudik dan kebutuhan akan vaksinasi kedua dan booster dalam melakukan perjalanan, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau membuka rumah vaksin 24 jam  Cdi Rumah Sakit Jiwa Tampan.

Pelaksaan rumah vaksin 24 jam ini bertujuan  untuk menjaga kebugaran masyarakat, dengan imunisasi Covid-19. 

Syamsuar menjelaskan, jelang musim mudik lebaran 1443 Hijriah, animo masyrakat sangat tinggi untuk melakukan vaksinasi covid-19. Hal ini menjadi kebutuham mengingat Menteri Perhubungan telah mengatur perjalanan warga, bagi yang mudik wajib menunjukkan booster atau kalau tidak wajib Swab PCR, atau antigen bagi pelaku perjalanan. 

"Bagi yg belum vaksin kedua dan Vaksin ketiga, dalam peraturan menteri perhubungan tersbeut mewajibkan untuk Swab PCR atau minimal Swab antigen. Biasanya, orang dari pada swab PCR lebih bagus suntik saja. Sehingga Memang dipandang layak dibuka rumah vaksin 24 jam di kawasan panam ini," ucap Syamsuar.

Lebih lanjut Syamsuar menyebutkan, dalam perjalanan safari Ramadan dia mengingatkan bupati untuk mempersiapkan rumah vaksin di wilayahnya. Hal ini mengingat data nasional, perkiraan warga yang akan mudik sekitar 86 juta jiwa. 

"Tentunya, dengan semakin banyak rumah vaksin 24 jam dibuka di kabupaten/kota, maka warga Riau tidak perlu antre lama melebihi 1 jam dalam mendapatkan vaksin," ucap Syamsuar. 

Syamsuar berharap, dengan mobilitas jelang akhir Ramadan yang semakin padat, dan banyak yang pulang kampung, pemeriksaan pada aplikasi peduli lindungi, hal ini dapat memganggu perjalanan pemudik jika tidak disiapkan untuk sekaligus vaksinasi booster. 

"Dari pada Membuat surat sudah antigen atau sudah swab lebih baik warga mengikuti vaksin booster. Di Riau saat ini Booster baru 10 persen dan ini juga perludukungan masyarakat Pekanbaru agar semakin antsusias. Harapan saya kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan rumah vaksin ini sebaiknya, sehingga tidak menganggu mudik lebaran dan meningkatkan imunitas di suasana yang masih pandemi Covid-19 ini," kata Syamsuar.

(Mediacenter Riau/hmh)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )