Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, tahun depan akan menganggarkan dana untuk pembangunan makam pahlawan seluas dua hektar, namun hingga saat ini  masih kesulitan mencari lahan yang cocok.
Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM saat acara ramah tamah dengan sejumlah veteran pejuang kemerdekaan di teras Kantor Bupati Rohul, Senin (18/8).

Wabup Hafith meminta maaf kepada keluarga besar veteran, karena Pemkab Rohul belum mampu menyediakan lahan seluas 2 hektar sebagainana diminta pemerintah pusat. Menurut Wabup, rencana pembangunan makam pahlawan tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2014 ini.

"Dana untuk membangun makam pahlawan tersebut dengan sistem shering budget antara Kementerian Sosial RI dengan Pemkab Rohul, namjn karena luas lahan yang diusulkan tidak sesuai dengan luas yang diinginkan Kementerian Sosial, pembangunan jadi tertunda," jelasnya.

Wabup berjanji pada tahun 2015 mendatang, pihaknya bisa menyediakan lahan itu dengan lokasi strategis. Dalam pada itu Wabup mengatakan, Pemkab Rohul tetap memperhatikan kesejahteraan dan jasa para veteran.

Sebab itu, kata dia, setiap tahun pemerintah daerah selalu memperingati jasa para pejuang melalui berbagai acara seperti Peringatan Hari Pahlawan.

Sementara Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kabupaten Rohul, Tengku Rafli Armien mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan dana sekitar Rp 950 juta untuk pembebasan lahan pembangunan Makam Pahlawan di Pasirpangaraian.

"Dananya melalui sharing budget dengan pemerintah pusat. Namun, Pemerintah Pusat meminta pemerintah daerah menyediakan lahan minimal dua hektar," jelasnys.

Menurutnya, tahun 2015, Disosnakertrans Rohul akan mengajukan bantuan dana pembebasan lahan yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp 900 juta. Sedangkan sisanya Rp50 juta, untuk biaya land clearing atau pembersihan lahan dan pengurusan surat tanah.

Tengku Rafli menambahkan, lahan seluas 2 hektar bukan untuk lahan pemakaman saja, namun bakal dibangun museum pahlawan, termasuk lapangan upacara.

Dalam pada itu Tengku Rafli menyampaikan, jika taman makam pahlawan tersebut sudah selesai, maka pahlawan yang dikebumikan di pemakaman umum dan Makam Pahlawan Pekanbaru akan dipindahkan melalui izin pihak keluarga.

Sementara dari data Disosnakertrans, jumlah veteran Rohul tersisa sebanyak 8 orang dari jumlah awal sebanyak 22 orang. Pada saat acara ramah tamah, para keluarga veteran penjuang kemerdekaan menerima bantuan berupa paket sembako dari Disosnakertrans dan dari K3S Rohul. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB

Gubri Akan Usulkan Jalan Perbatasan Jadi Jalan Nasional

Kamis, 12 November 2020 | 16:54:34 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB