Kamis, 23 Zulqaidah 1445 H | 30 Mei 2024
Diskominfotik Riau Gelar Pendampingan Teknis Penerapan SPBE 2022
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, Erisman Yahya saat memberikan kata sambutan

PEKANBARU - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar pendampingan teknis penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022 di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Senin (30/05).

Kegiatan pendampingan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Erisman Yahya yang di ikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah se Kabupaten/Kota secara luring dan daring.

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfotik Riau Erisman Yahya mengatakan bahwa, pendampingan ini perlu di lakukan untuk memberikan arahan kepada setiap perangkat daerah agar mendapatkan indeks yang baik sesuai target nasional.

“Berdasarkan hasil penilaian yang di lakukan oleh kementerian PANRB pada tahun 2021 yang lalu, indeks pemerintah Provinsi Riau mendapatkan nilai yang cukup tinggi yaitu 2,55, tentunya dengan itu kita harus bisa meningkatkannya lagi,” katanya.

Kemudian, Kadiskominfotik Riau menjelaskan, keberhasilan penerapan sistem ini perlu koordinasi yang baik, sinergi, dan komitmen semua perangkat daerah dalam meningkatkan target indeks yang baik. 

Ia melanjuti, hal tersebut telah diatur sebagaimana kewanangan dan tanggungjawab di dalam Tim Koordinasi SPBE Pemerintah Provinsi Riau Berdasarkan keputusan Gubernur Riau Nomor 574/V/2021 tanggal 24 Mei 2021.

“Melalui kegiatan peningkatan pemahaman dan keterampilan yang dilakukan kementerian PANRB ini, perlu koordinasi baik perangkat daerah agar dapat mengoptimalkan serta meningkatkan indeks yang kita targetkan yaitu mendekati nilai 3,0 atau kategori baik pada tahun 2022 ini,” jelasnya.

Selain itu, Kadiskominfotik Riau berharap kegiatan yang didampingi langsung oleh Asisten Deputi Kementerian PanRB ini dapat di ikuti peserta dengan sebaik-baiknya, sehingga nanti bisa diterapkan pada instansi masing-masing dalam rangka meningkatkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE).

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Cahyono Tri Birowo, menyampaikan dipilihnya Provinsi Riau sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini karena Riau termasuk memiliki nilai indeks yang cukup tinggi di tahun lalu, maka perangkat daerah lain bisa menjadikan Pemorov.Riau sebagai rujukan.

“Apa yang dikerjakan pemprov Riau sangat kompeten, dengan begitu nantinya perangkat daerah lainnya bisa menjadikan pemerintah Riau ini sebagai rujukan, dan untuk meningkatkannya lagi kita harus saling berkerja sama” singkatnya.

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )