Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

ROKAN HULU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, berupaya untuk menungkatkan layanan administrasi kependudukan salah satunya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.
        "Tujuan juga agar terjadi sinergitas antara dua dinas ini," kata Kadisdukcapil Rohul, Drs Yusmar Yusuf MSi, Selasa (20/8).

Kata Yusmar, sebelumnya pihaknya juga telah menggelar pertemuan dengan dinas kesehatan di Aula Lantai II Kantor Diskes Rohul dipimpin Kadikes drg Grifino, juga dihadiri sejumlah pimpinan Puskemas.   

Pada pertemuan itu, dibahas kerjasama yang dikemukakan Kabid Pelayanan Kesehatan Diskes Rohul, Dian, terkait surat Keterangan kelahiran dan Kematian dari Petugas Kesehatan. Itu sebagai salahsatu persyaratan pembuatan akte kelahiran dan akta kematian bagi masyarakat.

Selain itu juga, kata dia, berhubungan dengan kemungkinan di keluarkan Akta kelahiran langsung kepada Ibu yang melahirkan di RSUD.   

Grifino mengatakan, bahwa kerjasama akan diwujudkan segera mungkin untuk memperlancar serta meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, pada prinsipnya sebagai dukungan ke Disdukcapil untuk bisa melaksanakan tugas maupun dasar dalam pembuatan akta masyarakat.   

"Dari pertemuan ini, kita sudah disepakati, bahwa untuk mengeluarkan surat keterangan lahir, baik dokter atau bidan mempersyaratkan pengantar dari RT (rukun tetangga), karena RT pasti menguasai warganya.  Mengingat tingkat pemerintah desa terendah adalah RT, yang di Rohul berkisar antara 20-40 orang warga yang sudah jelas dikuasai oleh seorang RT," jelasnya.   

Nantinya, lanjut kata dia, dari pengantar RT inilah sebagai dasar dokter maupun bidan membuat surat keterangan kelahiran," tambah Grifino.

Bahkan dalam pertemuan juga disepakati bagi dukun beranak surat keterangan kelahirannya, harus diketahui bidan pembina atau pimpinan Puskesmas terdekat. Termasuk dengan warga yang melahirkan di luar daerah, yang secara lengkap akan diatur dan disusun secara baku, termasuk pembiayaan yang tidak memberatkan masyarakat dan prosedur yang singkat dan cepat.   

Kadisdukcapil Rohul, Drs Yusmar M.Si mengatakan, itu sebagai pertanda langkah maju pelaksanaan dan peningkatan pelayanan kita kepada masyarakat, karena adanya keseragaman dan kesatuan pandangan, sehingga begitu masyarakat memerlukan pelayanan, dan tidak lagi mempunyai keraguan serta pertanyaan yang rumit.  

"Karena baik persyaratan, biaya dan prosedur telah jelas secara transparan dan terbuka. Mudah-mudahan hal ini terwujud secepatnya, kami akan laporkan dengan pimpinan dalam hal ini Bapak Bupati sesegera mungkin, meminta izin beliau, sehingga niat ini dapat terwujud," jelas Yusmar.   

Seperti diketahui, bahwa surat keterangan kelahiran dan surat keterangan kematian dari petugas kesehatan selama ini cukup beragam, baik persyaratan, redaksi maupun pembiayaan yang harus dipenuhi masyarakat.

Menurut dia hal tersebut perlu di carikan solusi, agar baik persyaratan, redaksi dan pembiayaan disamakan dan ditetapkan secara transparan.

Dan yang terpenting lagi, kata dia, nantinya masyarakat terbantu dalam pemenuhan persyaratan dan melaksanakan pengurusan, serta seragam untuk seluruh wilayah Rohul. Sehingga perlunya kesepatan dan kerjasama yang saling bersinergis untuk dilanjutkan pada kesepatan bersama berupa MoU.

Sedangkan dari pertemuan itu, juga disepakataiuntuk surat keterangan kematian, karena diikuti dengan surat dari Kepala Desam Bidan dan Dokter membuat surat keterangan kematian berdasarkan surat dari Kepala Desa setempat.  

 "Pertemuan perlu dilaksanakan, mengantisipasi terjadinya kekeliruan atau kesalahan status anak di surat kenal lahir dari petugas kesehatan yang berakibat terjadinya kekeliruan dalam akte kelahiran, juga akta kematian hasil produk dari Disdukcapil," jelas dia.   

Selain itu, katanya, berkaitan dengan pembuatan akte bagi ibu melahirkan di RSUD Rohul sehingga, begitu keluar dari RSUD orang tua bayi memperoleh akte kelahiran langsung, secara tekhnis akan dirumuskan dengan melibatkan Direktur RSUD Pasirpengaraian. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB

Gubri Akan Usulkan Jalan Perbatasan Jadi Jalan Nasional

Kamis, 12 November 2020 | 16:54:34 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB