Senin, 16 Rajab 1444 H | 06 Februari 2023
Gubri Harap Perhutanan Sosial Dikelola Dengan Baik Untuk Kesejahteraan Masyarakat

ROHUL - Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengharapkan agar perhutanan sosial dapat dikelola dengan baik. Ia menginginkan, adanya izin pengelolaan hutan dari KHLK dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubri dalam acara penanaman pohon aren dan penebaran benih ikan arwana di kawasan rawa seribu Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (4/7/2022).

"Kami sudah tugaskan Kadis LHK bekerja sama dengan pemerintah daerah bagaimana semua yang berkaitan izin perhutanan sosial dan juga izin lain bisa dimaksimalkan," ujarnya.

Gubri meminta agar izin pengelolaan hutan yang diserahkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu dapat ditindaklanjuti sudah sejauh mana pemanfaatannya dilakukan oleh masyarakat.

Kemudian, ia juga menginginkan bagaimana izin tersebut dapat dievaluasi pemanfaatannya, bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan KLHK.
 
"Sehingga kita tahu betul apa permasalahannya, apa persoalan yang dihadapi masyarakat di lapangan. Jadi apa yang diharapkan Presiden itu betul-betul dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat kita semua," sebutnya.

Datuk Seri Setia Amanah ini menerangkan, penting dipahami bersama bahwa pembinaaan yang dibutuhkan masyarakat pengelolaan perhutanan sosial tidak sebatas pada urusan bidang kehutanan. Namun juga aspek pengembang usaha, seperti pelatihan keterampilan, pemasaran, peralatan dan pembiayaan.

Oleh karena itu terangnya, lintas dinas, lintas stakeholder dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat membantu pengelolaan perhutanan sosial itu sehingga tentunya apa yang diberikan pemerintah ini bermanfaat untuk peningkatan usaha dan sekaligus mendapatkan pendapatan dari masyarakat 

Jelaanya, setelah memperoleh persetujuan perhutanan sosial membutuhkan pendampingan berkesinambungan terhadap pelaksanaan kegiatan, diantaranya penyusunan rencana pengembang usaha. Untuk itu diperlukan dukungan para pihak untuk melakukan pendamping pasca persetujuan perhutanan sosial.

"Kami harapkan kepala desa dan pak camat bisa bantu kami agar program pemerintah pusat dan daerah ini dapat berjalan dan bisa memanfaatkan ini untuk kepentingan bersama," tutupnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

426 Ekor Kerbau di Rohul Mati Terpapar Sapi Ngorok

Selasa, 01 November 2022 | 14:01:52 WIB

UMKM di Rokan Hulu Dapat Bantuan Rp1,3 Miliar

Kamis, 01 September 2022 | 14:56:50 WIB

PUPR Riau Perbaiki Jalan Provinsi di Ujung Batu

Selasa, 30 Agustus 2022 | 16:25:31 WIB