Senin, 16 Rajab 1444 H | 06 Februari 2023
Temu Pusaka Indonesia 2022, Menparekraf Sandiaga Puji Sultan Syarif Kasim II
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Unodi acara Temu Pusaka Indonesia 2022 di Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, pada Sabtu (20/08/2022).

SIAK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Riau Syamsuar hadir di acara Temu Pusaka Indonesia 2022. Kegiatan ini mengusung tema "Peluang dan Tantangan Penerapan Ekonomi Pusaka di Kota Pusaka". Digelar di Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, pada Sabtu (20/08/2022) petang. 

Sandiaga mengatakan, Indonesia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Sultan Syarif Kasim II. Karena menurutnya, Kesultanan Siak memiliki peran besar dalam memberikan pembangunan perekonomian Republik Indonesia.

“Dapat diketahui, bahwa Indonesia patut berterima kasih kepada kesultanan Siak. Karena Sultan Syarif Kasim II mempunyai peran yang luar biasa penting dalam menyumbang Pembangunan perekonomian kita,” kata Sandiaga. 

Selain itu, Sandiaga berujar, bahwa kegiatan Temu Pusaka Siak 2022 menjadi langkah awal pemerintah terumata Kemenparekraf RI untuk menjalin kerja sama wisata berbasis Pusaka.

“Temu pusaka Siak 2022 ini adalah langkah awal kita untuk menjalin kerja sama wisata berbasis Pusaka. Potensi ini menjadi modal dan sangat sesuai dengan semangat tema peluang dan tantangan penerapan ekonomi pusaka di Kota Pusaka,” ujarnya. 

Disampaikan dia, pariwisata pusaka merupakan kegiatan wisata untuk mengetahui sejarah di daerah. Nantinya pariwisata pusaka akan banyak membawa manfaat untuk mengenalkan destinasi kearifan lokal.

“Jadi pariwisata berbasis berbasis pusaka sejarah ini menjadi salah satu tema pariwisata yang banyak membawa manfaat. Terutama dikemas dengan penuh kearifan lokal. Destinasinya dibranding dengan cermat dan pengembangannya dikemas dengan penuh kemaslahatan bagi masyarakat,” jelasnya

Lebih lanjut, Sandiaga yakin melihat peluang kerja besar dari wisata berbasis sejarah tersebut. Karena menurutnya, andalan Indonesia adalah wisata berbasis sejarah dan wisata berbasis budaya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Menparekraf. Karena Sandiaga telah datang langsung dan mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Riau, khususnya di Kabupaten Siak. 

"Motivasi kami mengembangkan kampung wisata di Siak adalah salah satu cara dalam upaya kami meningkatkan ekonomi. Terlebih mulai 24 Agustus 2022 akan dimulai kembali penerbangan langsung dari Kuala Lumpur (Malaysia Airlines) ke Pekanbaru dan juga Scott dari Singapura. Semoga terus bertambah kunjungan wisatawan mancanegara sehingga dapat memberikan dampak pada perekonomian masyarakat," kata Syamsuar.

Setelah mengikuti kegiatan acara Temu Pusaka Indonesia 2022, Menparekraf RI beserta rombongan yang didampingi Gubri dan Bupati Siak melakukan kunjungan ke Istana Siak Sri Indra Pura. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Siak, Alfedri, Staf Khusus Bidang Pengaman Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Kemenparekraf Brigjen TNI Ario Prawiseso, serta Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua. 

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Pekerja PHR Tewas saat Bekerja, Ini Penjelasan Polisi

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:30:22 WIB

Secercah Titik Terang di Desa Rantau Bertuah Siak Riau

Ahad, 15 Januari 2023 | 22:03:56 WIB

UPT Samsat Perawang Sambangi PT Arara Abadi, Ada Apa?

Selasa, 06 Desember 2022 | 09:13:26 WIB