Senin, 16 Rajab 1444 H | 06 Februari 2023
Gubri Syamsuar Senang Berziarah ke Makam Tuan Guru Sapat
Gubri Syamsuar berziarah ke makam Syekh Abdurrahman Shiddiq di Kampung Hidayat Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Inhil.

INHIL - Usai menyerahkan bantuan Rumah Layak Huni di Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melanjutkan kunjungan kerjanya di Kabupaten Indragiri Hilir dengan mengunjungi Rumah Tahfidz As-Syifa di Kelurahan Sapat dan berziarah ke Desa Teluk Dalam Kecamatan Kuala Indragiri.

Dengan menggunakan kendaraan speed boat, Gubri Syamsuar bertolak ke Kampung Hidayat Desa Teluk Dalam untuk melakukan ziarah ke makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh Muhammad Afif Al Banjari atau yang lebih dikenal dengan nama Tuan Guru Sapat, Selasa (6/9/2022).

Untuk diketahui, Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Syekh Muhammad Afif Al Banjari atau Tuan Guru Sapat merupakan seorang guru agama Islam (Mufti Kerajaan Indragiri) yang cukup tersohor dan banyak memiliki murid yang berasal dari negeri Malaysia, Singapura, Kalimantan, Jambi dan Palembang.

Kedatangan Gubri Syamsuar didampingi Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan bersama Forkopimda Indragiri Hilir ke Kampung Hidayat Desa Teluk Dalam disambut hangat oleh masyarakat sekitar. 

Sebelum menuju lokasi makam, terlebih dahulu Gubernur Riau secara simbolis melakukan peresmian jalan akses ke makam Syekh Abdurrahman Siddiq yang ditandai dengan pemotongan pita.

Tiba di makam Syekh Abdurrahman Siddiq, Gubri Syamsuar merasa senang dapat berziarah ke makam salah seorang ulama besar di Indragiri Hilir yaitu Tuan Guru Sapat sekaligus dapat bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Apalagi, lanjut Gubri bahwa dilokasi makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq ini sedang dilakukan renovasi oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

Dengan dilakukan renovasi ini, Gubri berharap salah satu wisata religi di Kabupaten Indragiri Hilir ini dapat berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat sekitar.

"Sehingga tentunya orang yang ziarah kesini betul-betul dengan senang hati bisa menikmati apa yang ada disini sekaligus juga bisa mencicipi makanan dan minuman yang ada disini," ucap Gubri Syamsuar. 

Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan mengatakan bahwa makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq merupakan salah satu wisata religi unggulan di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq, lanjut Bupati Indragiri Hilir dikunjungi oleh belasan ribu jamaah dan masyarakat dari berbagai daerah ketika acara Haul Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq.

Untuk itu, sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar, pihaknya melakukan renovasi makan Syekh Abdurrahman Siddiq secara total untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung dan jamaah serta masyarakat sekitar. 

(Mediacenter Riau/aaa)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Rumah Dinas Bupati Indragiri Hilir Kebanjiran

Kamis, 26 Januari 2023 | 06:11:49 WIB

Diserang Harimau Sumatera di PT SPA, Arif Nyaris Tewas

Jumat, 06 Januari 2023 | 13:36:15 WIB

Pasar Murah di Inhil, Ini Respon Warga Tembilahan

Rabu, 07 September 2022 | 20:00:03 WIB

Gubri Syamsuar Senang Berziarah ke Makam Tuan Guru Sapat

Selasa, 06 September 2022 | 21:27:17 WIB