Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Kunker ke Klaster Kempas Riau Bertani, Gubri Tinjau Pabrik Penggilingan Padi
Gubri menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan pokja di Klaster Kempas Riau Bertani.

INHIL - Sebelum kembali bertolak ke Kota Pekanbaru usai kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Indragiri Hilir dimanfaatkan oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar untuk berkunjung ke Klaster Kempas Riau Bertani.

Kunjungan Gubernur Riau ke Klaster Kempas Riau Bertani ini untuk meninjau pabrik penggilingan padi kerja sama di Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir.

"Alhamdulillah sudah mandiri ni kalau soal benih, karena bagaimanapun ini juga merupakan program kita bersama dalam rangka memajukan sektor pertanian," kata Gubri Syamsuar saat kunjungan ke Klaster Kempas Riau Bertani, Rabu (7/9/2022).

Gubri menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan untuk mengatasi krisis pangan dunia. 

"Oleh karena itu pangan ini harus menjadi urat nadi yang berkaitan pengembangan tanaman pangan secara umum," sebutnya. 

Lebih lanjut, Gubri mengatakan bahwa selain padi, masyarakat juga dapat mengembangkan komoditi lain yang memiliki nilai jual dan berpotensi di derah tersebut. 

"Tanaman pangan yang produktif yang nantinya bisa menggerakkan ekonomi daerah ini sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan petan," jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi melaporkan terkait perkembangan pertanian di Provinsi Riau dan Kabupaten Indragiri Hilir. 

Syahfalefi mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau dalam meningkatkan sektor pertanian melalui strategi pengembangan benih unggul menuju daerah yang mandiri benih. 

Apalagi, lanjut Kepal Dinas PTPH Provinsi Riau bawa di Klaster Kempas Riau Bertani sudah mulai dilakukan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir.

"Jadi mulai dari penyiapan benih, pengelolaan lahan sampai menjadi beras. Jadi tidak ada gabah yang keluar," ungkapnya. 

Sebagai informasi, pabrik penggilingan padi kerja sama ini dalam sehari bisa memproduksi 10-20 ton per hari. Jadi untuk sebulan bisa memproduksi 500-600 ton beras. 

Dalam kesempatan ini, dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Gubri Syamsuar berupa bantuan benih padi dan pupuk kepada Kelompok Tani Suka Bangkit dan Kelompok Tani Sumber Guna serta penyerahan traktor roda empat kepada Kelompok Kerja (Pokja) Sinar Joyo. 

Usai meninjau pabrik penggilingan padi kerja sama, Gubri melakukan panen raya bersama Bupati Indragiri Hilir dan Forkopimda Indragiri Hilir di Klaster Riau Bertani Kecamatan Kempas. 

(Mediacenter Riau/aaa)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )