Sabtu, 12 Syawwal 1445 H | 20 April 2024
Kemenkumham Riau Panen Perdana Budidaya Lobster di Lapas Pasir Pengaraian
Panen Lobster

PEKANBARU - Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Muhammad Jahari Sitepu bersama Kepala Lapas Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru, Syahrioma Delavino, panen perdana lobster di Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian, Rabu (7/9/2022) sore.

Lobster yang dipanen dan dikenal cukup mahal ini merupakan hasil budidaya dari warga binaan Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian. Sebagai informasi Lapas Pasir Pengaraian menjadi lapas rutan pertama di Riau yang berhasil membudidayakan lobster ini. 

Kalapas Pasir Pengaraian dan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP), Parlindungan H Simanjuntak mengatakan, sengaja memilih budidaya lobster dan pembinaan dengan modal yang cukup mahal ini. 

"Lobster ini bernilai ekonomis tinggi. Kami berharap ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi warga binaan saat kembali ke tengah-tengah masyarakat. Semoga bisa membuka lapangan kerja baru bagi WBP agar tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum," sebut Bahtiar.

Selain panen lobster, Jahari dan rombongan datang ke Lapas Pasir Pengaraian juga memberi semangat dan motivasi kepada jajaran dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. 

Jahari berpesan kepada anggotanya untuk menjauhi narkoba dan pungutan liar karena masa depan bangsa bisa hancur apabila generasi sekarang tak memiliki integritas tinggi dan teracuni oleh narkoba. 

"Tak bosan saya menyebut untuk jauhi narkoba. Karena sekali saja kalian mencoba, maka kalian akan sulit lepas dari jeratnya. Bertaubatlah dari sekarang, mari kita majukan bersama Pemasyarakatan yang kita cintai ini," kata Jahari.

Jahari mencontohkan, sebelumnya banyak pegawai yang rugi karena narkoba yang berakibat dimutasi ketempat yang jauh. Kemudian, ada juga yang disangsi diturunkan pangkatnya setingkat, bahkan ada yang dipecat dan harus berhadapan dengan hukum. 

"Sayangi seragam kalian sebelum semua terlambat. Sayangi keluarga yang nafkahnya bergantung pekerjaan kita. Remunerasi Kemenkumham termasuk yang tertinggi diantara instansi lain. Sayangi dan syukuri itu semua," pesan Kakanwil.

Diakhir kunjungannya, Jahari mengingatkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan lapas agar selalu kondusif. Laksanakan razia rutin, perlakukan WBP secara adil, dan jangan sekali-sekali memeras serta melakukan pungutan liar. Itu semua bisa menimbulkan konflik. 

"Libatkan Humas dalam setiap kegiatan. Percuma kita kerja banyak, tapi kalau tidak dipublikasikan. Karena masyarakat tidak akan tahu, makanya manfaatkan media sosial untuk penyebarluasan informasi," tutup Jahari

(Mediacenter Riau/hb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Riau, pada Sabtu 2 April 2024

Sabtu, 20 April 2024 | 10:54:36 WIB