Selasa, 25 Sya'ban 1445 H | 05 Maret 2024
Dukung Tol Laut di Riau, Sekjen Wantannas RI: Permudah Transportasi Laut dari Satu Titik ke Titik Lain
Sesjen Wantannas RI Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro saat memberikan sambutan dalam rangka kajian daerah di Provinsi Riau

PEKANBARU - Saat melakukan kunjungan ke Provinsi Riau, Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan (Sesjen Wantannas) RI, Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro mendukung pembangunan tol laut di Provinsi Riau. Hal tersebut sebagai bentuk untuk mempermudah transportasi laut dari satu titik ke titik lainnya.

Hal tersebut disampaikannya Sesjen Wantannas saat memberikan sambutan, di Ruang Auditorium Lantai 8, Menara Lancang Kuning Provinsi Riau, Kamis (8/9/22).

"Kami datang untuk memberikan masukan-masukan kepada Pemprov Riau untuk mengambil sebuah kebijakan strategis agar tidak membahayakan keamanan nasional," ujarnya 

Sesjen Wantannas RI ini menyebutkan, sesuai dengan tugas pokok Wantannas ini adalah memberikan rekomendasi keputusan strategis kepada kajian daerah Wantannas terhadap yang menjadi masalah yang mengganggu stabilitas keamanan nasional.

Apalagi jelasnya, bangsa Indonesia termasuk sebagai negara maritim yang wilayah perairan Indonesia lebih luas dari pada daratannya.

Menurutnya, pilar utama yang diperlukan negera maritim adalah mengembalikan jiwa bahari yaitu mengembangkan ekonomi maritim dengan membangun sejumlah pelabuhan di berbagai daerah untuk menguasai perdagangan melalui jalur laut.

Ia juga mengungkapkan, perlunya  meningkatkan strategis daya saing agar kedepannya bangsa Indonesia mampu menjadi produsen produk usaha maju.

"Untuk itu fungsi tol laut ini untuk menyebarkan hasil-hasil pembangunan secara merata ataupun komoditas lainnya," ujarnya.

Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro menerangkan Provinsi Riau dianggap sebagai daerah yang memiliki posisi strategis, kalau didata dengan tepat akan memformulasikan suatu kebijakan untuk bisa digunakan di daerah lain.

"Karena Riau juga berdasarkan hasil pantauan memilih Riau sudah berupaya keras khususnya terutama kendalikan disparitas  harga mencegah penyeludupan," ungkapnya.

(Mediacenter Riau/dw)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

DPH LAM Riau: Pemimpin Harus Didukung

Jumat, 01 Maret 2024 | 19:18:55 WIB

Pj Gubri SF Hariyanto: Membangun Riau Perlu Kekompakan

Jumat, 01 Maret 2024 | 14:20:32 WIB

UIR Wisuda 1.413 Mahasiswa, Lidyawati Sri Lestari Pemuncak

Sabtu, 17 Februari 2024 | 23:35:30 WIB

Ketua TP-PKK Provinsi Riau Tinjau RSJ Tampan

Senin, 12 Februari 2024 | 15:37:46 WIB