Kamis, 17 Syawwal 1445 H | 25 April 2024
Bantu Turunkan Emisi Karbon, Gubri Ajak Masyarakat Gunakan Kendaraan Listrik
Gubernur Riau melihat model motor listrik dalam kegiatan konvoi motor listrik

PEKANBARU - Sebagai upaya mewujudkan Riau Hijau dan membantu menurunkan emisi karbon, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengajak masyarakat Riau terutama kalangan yang kategori ekonomi mampu untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

Gubri menyebutkan, tidak hanya membantu menurunkan emisi karbon, kendaraan listrik juga dinilai memiliki kelebihan lain seperti penurunan biaya pengeluaran sehari-hari karena tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Dengan kita menggunakan mobil ataupun motor listrik ini setidaki-tidak juga dapat menurunkan emisi karbon, karena kita tahu bahwa saat ini adanya sumber dari listrik ini sebenarnya di samping tadi bisa menurunkan emisi karbon tentunya juga yang bisa kita lihat penurunan biaya operasional," ujarnya, di Kediaman Gubernur Riau, Minggu (11/9/22).

Syamsuar menyebutkan, kalau kendaraan yang biasanya digunakan masyarakat menggunakan BBM, akan tetapi kendaraan listrik ini menggunakan cas listrik dan bisa juga mengisinya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor PLN yang terletak di Jalan Setia Budi dan Jalan Nangka Pekanbaru.

"Jadi tidak tidak menyulitkan masyarakat kalau memang nanti memiliki motor listrik dan sekarang motornya pun berbagai jenis, pada awalnya kami juga kemarin mempromosikan Motor Gesit dan ini juga lebih banyak lagi modelnya dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing," ucapnya.

Mantan Bupati Siak tersebut mengungkapkan, untuk harga kendaraan listrik tersebut bervariasi, akan tetapi rata-rata harganya terjangkau untuk masyarakat umum.

"Karena itu tentunya kami mengajak kepada masyarakat yang berkemampuan (ekonominya mampu), mari kita berangsur-angsur mengubah perilaku kita (menggunakan kendaraan listrik)," sebutnya.

Apalagi katanya, saat ini harga BBM naik ditambah adanya isu krisis energi yang melanda dunia, maka penggunaan kendaraan listrik disamping juga penghematan biaya, yang penting dari itu adalah untuk  melestarikan lingkungan. 

"Sehingga kita harapkan sesuai dengan program Riau Hijau ini bisa benar-benar dapat dilaksanakan di Bumi Melayu yang kita cintai ini," ujarnya.

(Mediacenter Riau/ip)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Wapres Sampaikan Lima Arahan Penanggulangan Bencana

Rabu, 24 April 2024 | 12:06:32 WIB

PJ Gubernur Riau Hadiri Rakornas PB 2024

Rabu, 24 April 2024 | 11:22:32 WIB

Tiga Guru Besar UIR Dikukuhkan

Senin, 22 April 2024 | 10:29:47 WIB

Baznas Riau Terima Zakat Maal Awal Bros Rp750 Juta

Rabu, 03 April 2024 | 15:43:14 WIB