Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
TP PKK Riau Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu Tingkat Provinsi
Peningkatan kapasitas kader posyandu tingkat Provinsi Riau.

PEKANBARU - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Riau melakukan peningkatan kapasitas kader posyandu tingkat Provinsi Riau. Kegiatan itu digelar di Pekanbaru, Kamis (06/09/2022).

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau, Aswandi hadir membuka acara itu. 

Peningkatan kapasitas kader posyandu tingkat Provinsi Riau diselenggarakan selama dua hari. Mulai tanggal 5 hingga 7 Oktober 2022.

Adapun peserta yang dilibatkan pada kegiatan itu, terdiri dari Ketua Pokja  dan kader PKK dari 12 Kabupaten/Kota se - Provinsi Riau. 

Aswandi mengatakan, bahwa peningkatan kapasitas kader posyandu merupakan media dalam pelaksanaan sosialisasi kepada kader PKK dan kader posyandu menyangkut kegiatan dan perencanaan desa.

"Kegiatan ini dilakukan guna memfasilitasi perencanaan desa, mengakomodir program kegiatan PKK, dan posyandu dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa," kata Aswandi.

Ia menjelaskan, kegiatan kapasitas peningkatan kader posyandu tingkat provinsi ini melaksanakan pelayanan sosial dasar di posyandu.

Karena menurutnya, dalam mencapai tujuan peningkatan kapasitas kader Posyandu tingkat provinsi Riau ini, perlu mendapat dukungan dari pihak yang terkait. 

Hal itu, kata dia, agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

"Perlu peran serta pemerintah desa juga kader posyandu agar pelaksanaan dapat berjalan efektif, efisien, agar kegiatan dan program dari kader posyandu ini dapat terealisasikan dengan baik juga manfaatnya dapat dirasakan bagi masyarakat luas," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I PKK Provinsi Riau, Suti Mulyati Edy menyebutkan, dalam beberapa tahun terakhir kinerja posyandu di Provinsi Riau mengalami penurunan. 

Penyebabnya yaitu, masih kurangnya pengetahuan kader, baik dari sisi akademis maupun teknik dan faktor dari para kader yang kurang berfungsi seperti kondisi saat ini yang mengakibatkan beberapa kegiatan kurang berjalan sebagaimana mestinya.

"Sebab itulah, perlu adanya pembinaan posyandu dengan berbagai bentuk kegiatan, meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengurus dan kader posyandu," sebut Suti Mulyati.

Ia mengungkapkan, satu di antara upaya meningkatkan pengetahuan dan mutu para kader posyandu yaitu dengan pelatihan peningkatan kapasistas kader yang saat ini diselenggarakan.

"Peran kader dalam penyelenggaraan posyandu sangat besar. Karena, selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat agar mau datang ke posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa kader merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan di sebuah posyandu. 

"Untuk itu, saya menyambut baik pelajaran peningkatan kapasitas kader posyandu. Diharapkan pada akhirnya membuat masyarakat selalu berperilaku hidup sehat dengan upaya penegakan lingkungan sadar gizi dan yang tak kalah pentingnya kesehatan ibu bayi dan anak balita," imbuh Suti Mulyati. 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )