Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Cerita Sukses UMKM Riau, Manfaatkan Sabut Kelapa Jadi Barang Berharga

PEKANBARU - Pria bernama Opik Taufiqullah ini berhasil menangkap peluang usaha menguntungkan dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa.

Di tangannya, sabut kelapa yang hanya dianggap limbah bagi orang awam, justru menjadi barang bernilai tinggi dengan harga jual yang fantastis.

Dari limbah sabut kelapa itu, Opik menciptakan berbagai kerajinan tangan, sehingga punya nilai pemanfaatan yang lebih, terutama untuk keperluan rumah tangga.

Workshop miliknya berada di Jalan Karya Labersa, persisnya di seberang gerbang Water Theme Park Labersa Riau Fantasi, Kelurahan Air Dingin, Bukit Raya, Pekanbaru.

Di sini ada begitu banyak hasil kerajinan dari sabut kelapa yang sudah diciptakan. Workshop ini diberi nama: Waroeng Sabut KSM, sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu.

Rangkaian proses demi proses bapak Opik lakukan secara mandiri. Mulai dari proses penggilingan, penguraian serat, hingga dijemur sampai menjadi bahan baku yang disebut coco fiber.

“Untuk pengolahan coco fiber ini kita mengolahnya Tembilahan, setelah itu langsung dikirim ke Pekanbaru untuk diolah lagi, sehingga menjadi kerajinan tangan,” tuturnya, Sabtu (15/10/2022).

Bagi Opik, ada banyak potensi alam yang bisa dimanfaatkan sehingga menjadi sebuah karya dengan nilai jual tinggi. “Bukan cuma dari sabut kelapa saja,” ucapnya.

“Tapi, saya memang tertariknya dengan sabut kelapa. Karena itu yang menyentuh untuk dibikin kerajinan sampai produk jadi.”

“Produk hilir yang seperti kita buat di warung sabut ini masih jarang, masih bisa dihitung jari. Makanya peluang bisnisnya besar,” sambungnya.

Hingga kini, produk kerajinan dari bahan sabut kelapa yang dibuat Opik sudah beragam. Setidaknya ada sudah ada 20 jenis kerajinan, mulai dari vas bunga, wadah tisu, hingga peralatan rumah tangga seperti, kursi dan meja. 

“Untuk harga dari kerajinan sabut ini dijual dimulai dari Rp5.000 ribu rupiah seperti spon pencuci piring, hingga Rp25 juta, seperti gazebo yang terbuat dari sabut,” tuturnya. 

(Mediacenter Riau/mlb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

3.147 Jemaah Riau Sudah Berada di Kota Madinah

Selasa, 21 Mei 2024 | 08:05:13 WIB

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB