Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024
Tingkatkan Kualitas SDM, UGM Teken Kerja Sama dengan Pemda di Riau
Penandatanganan Kerja Sama antara UGM dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Riau.

PEKANBARU - Dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Riau yang lebih unggul, Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Riau. 

Penandangan PKS disaksikan langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar di Balai Serindit Gedung Daerah, Sabtu (15/10/2022). Ditandatangani antara pihak UGM dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau. 

Kemudian, penandatanganan PKS juga dilakukan antara UGM dengan Pemerintah Kota Pekanbaru, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Indragiri Hilir. Selain itu, penandatanganan PKS juga dilakukan antara UGM dengan berbagai perguruan tinggi di Riau. 

Adapun Perguruan Tinggi yang menandatangani PKS yaitu, Universitas Lancang Kuning, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Negeri Suska Riau, dan Universitas Abdurrab.

"Kami tentunya menyambut baik adanya kerja sama dengan UGM pada hari ini," kata Gubernur Riau Syamsuar.

Dengan adanya PKS tersebut, orang nomor satu di Riau itu berharap, UGM bisa memberikan sumbangsih kepada Provinsi Riau melalui penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Riau. 

"Dalam rangka pengembangan semua potensi yang ada di Riau, tentu hilirisasinya perlu kita lakukan. Namun, untuk menuju ke sana kita perlu mempersiapkan SDM kita agar nanti anak-anak Riau bisa bekerja pada dunia industri yang ada disini," ujarnya.

"Langkah-langkah itu nantinya akan dilanjuti oleh dinas kami. Sehingga dari situlah kita akan mendapatkan peluang kesempatan untuk meningkatkan kualitas SDM di Riau," imbuh Syamsuar.

Untuk lebih meningkatkan kualitas SDM Riau kedepannya, Syamsuar juga mengaku siap melakukan kerja sama lainnya dengan berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Rektor Universitas Gajah Mada Ova Emilia mengatakan, bahwa kegiatan ini sebuah momen yang sangat penting. Menurutnya, kerja sama ini merupakan salah satu bukti jati diri dari UGM.

"Hari ini dengan tangan-tangan lihai dari para Kagama Riau, kita dapat membuat suatu perjanjian kerja sama yang sangat sinergis dengan pemerintah daerah," kata Ova.

Ia juga menjelaskan bahwa, Provinsi Riau merupakan provinsi yang strategis dan bagi Negara Indonesia tentu menjadi sangat penting untuk mengembangkan berbagai potensi yang bisa dikembangkan.

"Hari ini kita mengikatkan diri dalam suatu PKS tentunya berkaitan dengan Tri Dharma yang dimiliki oleh UGM dan tentunya kerja sama ini ditujukan untuk mencari solusi berbagai masalah yang muncul," imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan plakat dari Gubernur Riau kepada Rektor UGM dan foto bersama. Kemudian, dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Rektor UGM terkait penanggulangan stunting dan kemiskinan ekstrim di Riau.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Hari ini Untuk Wilayah Riau

Senin, 20 Mei 2024 | 12:43:20 WIB