Senin, 16 Rajab 1444 H | 06 Februari 2023
Tingkatkan Ketahanan Pangan, Gubri Panen Raya Padi di Rohil
Gubernur Riau Syamsuar, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal melakukan panen raya padi di Rokan Hilir, Senin (17/10/2022).

PEKANBARU - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di daerah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal melakukan panen raya padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (17/10/2022). 

Seperti diketahui, saat ini semua negara dihadapkan dengan kondisi pangan, apalagi dengan kenaikan BBM juga berpengaruh dengan kenaikan harga barang yang menyebabkan terjadinya inflasi. 

Untuk itu, Gubernur Syamsuar mengatakan, pemerintah terus mendorong seluruh unsur yang ada di kabupaten/kota termasuk para petani dan juga pihak swasta agar terus mengembangkan ketahanan pangan yang merupakan persoalan nasional. 

Gubri mengapresiasi gerakan panen raya padi yang merupakan salah satu program ketahanan pangan 1.000 hektare Korem 031/WB dan Dinas Pertanian se-Provinsi Riau dalam rangka mengatasi kekurangan bahan pangan pokok seperti jagung, padi, nanas, dan ubi. 

"Kami tentunya mengapresiasi kinerja Kodim Rohil bersama warga yang ada di sini, serta camat, kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas termasuk juga para petani yang ada di Rohil atas kerja sama yang baik inilah kita bisa panen hari ini," ujarnya

Gubri Syamsuar juga mengharapkan Rohil atau daerah lain tidak hanya sekali panen dalam satu tahun, namun bisa tiga kali musim panen dalam satu tahun.

Gubernur menambahkan, ditahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melaksanakan beberapa kegiatan di wilayah Kabupaten Rohil. Diantaranya, peningkatan produktivitas padi 200 hektar, ada peningkatan IP 800 hektar termasuk juga di Rokan Baru pesisir. 

Kemudian, juga ada bantuan benih padi hibrida 1.900 hektar, rehab rehabilitasi jaringan irigasi tersier satu unit, pembangunan embung pertanian satu unit, optimalisasi lahan rawa 700 hektar dan berbagai kegiatan lainnya. Bahkan,  saat ini dalam proses yakni pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) yaitu combine harvester besar 2 unit. 

"Ini semua tujuannya kalau dipenuhi alsintan ini harapan kami produksinya lebih baik lagi jadi tidak," tutup Gubri.

(Mediacenter Riau/nv)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

Over Kapasitas, Rohil Bakal Punya Lapas Baru

Selasa, 06 Desember 2022 | 11:26:34 WIB