Kamis, 12 Muharram 1446 H | 18 Juli 2024
Fisip Unri Raih Rekor Muri Pantun dengan 10.988 Baris Terpanjang
Milad ke-43 Hubungan Internasional Fisip Unri dan Rekor MURI Pantun baris terpanjang

PEKANBARU - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Riau (Unri) meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Adapun catatan rekor yang diraih adalah pantun dengan baris terpanjang yaitu 10.988 baris. 

"Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wadah kepada seluruh mahasiswa agar dapat menggali potensi dan mengembangkan skill berpantun," kata Ketua pelaksana kegiatan Milad ke-43 Hubungan Internasional, Dhea Yulisa di Auditorium Sutan Balia FISIP Unri, Selasa (18/10/2022).

Sementara itu, Wakil Dekan III FISIP UNRI Chairul Anwar menngatakan, rekor MURI itu sebagai upaya untuk melestarikan dan menanamkan kecintaan budaya nasional kepada generasi muda, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional FISIP UNRI.

"Pemecahan rekor ini juga sebagai upaya kita dalam melestarikan budaya pantun kepada generasi muda, khususnya mahasiswa Hubungan Internasional," ungkap. 

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizan Zen mengatakan, UNESCO menilai, pantun memiliki arti penting bagi masyarakat Melayu, bukan hanya sebagai alat komunikasi sosial, namun juga kaya akan nilai-nilai yang menjadi panduan moral. 

"Pesan yang disampaikan melalui pantun umumnya menekankan keseimbangan dan harmoni hubungan antarmanusia," ujarnya pria yang kerab disapa Atuk Yos. 

Dikatakan Atuk Yos, pantun menyediakan wadah untuk menuangkan ide, menghibur, atau berkomunikasi antarmanusia, tanpa membedakan ras, kebangsaan, atau agama. 

"Tradisi pantun mendorong rasa saling menghormati antar komunitas, kelompok, dan individu,” jelasnya pula. 

Diungkapkan dia, keberhasilan penetapan pantun sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) tidak lepas dari keterlibatan aktif berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maupun berbagai komunitas terkait.

“Penetapan pantun adalah bukti kita bisa kerja bersama dengan negara lain untuk mengusulkan warisan budaya yang kita miliki,” terangnya. 

Atuk mengucapkan selamat kepada mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unri karena telah membuat pantun dalam jumlah 10.988 baris. 

"Selamat dan terima kasih atas terbentuknya karya - karya seperti pengumpulan pantun dalam jumlah yang banyak ini. Semoga ke depannya tetap bisa mencetak lebih banyak rekor muri dalam berpantun," ucap Atuk Yos. 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau

Kamis, 18 Juli 2024 | 06:03:04 WIB

Mantap, Enam Elemen Smart City di Siak Terpenuhi

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:07:57 WIB

3.555 Peserta Ikuti Ujian Berbasis Kompoter di Unri

Rabu, 17 Juli 2024 | 14:10:50 WIB