Ahad, 12 Zulqaidah 1445 H | 19 Mei 2024
96 PNS Pemprov Riau Terima SK Pensiun
Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan

PEKANBARU - Sebanyak 96 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima SK Pensiun terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 Desember 2022 . 

SK Pensiun itu diserahkan oleh Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan, di Menara Dank Merdu PT Bank Riau Kepri Syariah Pekanbaru, Senin (24/10/2022).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau atas waktu dan tenaga selama pengabdian selama bertugas di Provinsi Riau," ujar Joni Irwan.

Ia juga menyampaikan bahwa, atas nama Pemprov Riau pihaknya menyambut dengan baik kegiatan ini. Sebab, kegiatan penyerahan SK pensiun ini merupakan bagian dari manajemen ASN dalam rangka memberikan layanan kepegawaian berupa penghargaan dan hak.

"Di mana penghargaan ini akan diberikan kepada ASN yang akan memasuki batas usia pensiun. Sehingga, para pensiunan ini dapat mempersiapkan diri saat memasuki usia pensiun," ujarnya.

Dalam memasuki masa pensiun, sebut Joni, diperlukan persiapan mental, emosi, dan spiritual, dalam pola pergerakan sosial. 

"Untuk menghadapi masa pensiun ini, perlunya perencanaan yang baik ke  depannya. Dengan mengikuti pembekalan yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau untuk para pensiun," sebut Joni. 

"Kita juga harus berupaya untuk senantiasa berpikir optimis guna menghadapi berbagai perubahan saat menghadapi masa baru setelah memasuki masa pensiunan," tambahnya.

Menurutnya, masa purna bakti bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang, termasuk bagi PNS. Hal itu disebabkan munculnya rasa cemas, bingung, dan perasaan tidak siap bagi beberapa orang. "Untuk itu perlu disiapkan sejak dini agar hal ini tidak terjadi ke depannya," ujar Joni.

Joni Irwan, juga menginginkan para pensiunan PNS yang akan menghadapi masa purna bakti ini bisa mengembangkan hobi yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

"Oleh karena itu, akan sangat baik bila para calon pensiunan untuk dapat mengikuti kegiatan yang bisa membuka wawasan, agar masa pensiun bisa dimulai dengan rasa siap, bebas dari kecemasan dan tidak membutuhkan masa penyesuaian yang lama," harapnya.

Sementara itu, Rinaldi (62 tahun) yang adalah  PNS Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang akan memasuki masa pensiun pada tahun ini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Riau yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mengabdi sebagai PNS. 

"Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah menyerahkan SK pensiun ini sebelum jatuh tempo," ucap Rinaldi.

Diungkapkannya, untuk mengisi kegiatan di masa pensiunnya ia akan membuka sebuah usaha dari hasil pensiunan yang didapatkan.

"Hobi sayakan memelihara burung, langkah ke depan yang akan saya lakukan membuka usaha dari rumah atau home industri seperti ternak ayam dan burung," ungkapnya.

Kedepannya, ia juga berharap Pemprov Riau bisa memberdayakan dan memfasilitasi dengan baik para PNS yang masih produktif dalam rentang usianya.

"Tentunya kita ingin ke depannya, Pemprov Riau kedepannya lebih memperhatikan para ASN yang mempunyai hobi dan tentu membuat mereka mengembangkan hobinya untuk membuka peluang usaha sebelum masa pensiunan," harap Rinaldi.

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )