Kamis, 7 Rabiul Akhir 1446 H | 10 Oktober 2024
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Erisman Yahya

PEKANBARU— UMKM di Riau terus didorong untuk melek digital. Kecakapan digital merupakan sebuah keniscayaan dalam bisnis di era ini. Tak cuma sebatas branding, kecakapan digital menjadi kunci penentu untuk meningkatkan pasar dengan harga bersaing.

Pandangan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Erisman Yahya, Selasa,(25/10/2022).

“Memang pada dasarnya sudah sangat banyak UMKM kita yang berhasil memanfaatkan digital untuk pengembangan usaha mereka. Terbukti, mereka bisa bersaing, terutama untuk melebarkan pasar dengan harga yang kompetitif, ya,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Erisman, Pemprov Riau akan terus mendorong pelaku UMKM di Riau untuk go digital, salah satunya dengan cara meningkatkan literasi digital pelaku usaha secara masif, baik melalui pelatihan maupun upaya-upaya lain.

“Misal, kita sudah menciptakan beberapa aplikasi pendukung untuk UMKM bisa lebih leluasa dalam memasarkan produknya. Salah satunya aplikasi Mata UMKM, dan lain-lain. Kegiatan literasi digital juga sering dilakukan, bekerjasama dengan pihak-pihak terkait lainnya,” tuturnya.

“Pada dasarnya, sudah sangat banyak UMKM kita di sini yang berhasil membuktikan itu. Kecakapan dan literasi digital di era ini adalah sebuah keniscayaan, terutama untuk branding dan mendongkrak penjualan,” sebutnya.

Erisman menyebut, Riau merupakan salah satu provinsi dengan yang mana UMKM-nya sudah sangat melek digital dalam menjalankan usahanya. Dia menambahkan, menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, per Juli 2022, pelaku UMKM di Riau menempati angka tertinggi dalam pemanfaatan digitalisasi.  Selanjutnya, disusul oleh UMKM di Jambi, Lampung, Kepri, Yogyakarta, Banten, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Para koresponden yang terdiri dari UMKM di dari 34 provinsi dengan rata-rata 83,30% menyatakan telah menggunakan media sosial untuk penjualan produk dan jasa. 

“Dari hasil survei itu menunjukkan UMKM di Riau berada di posisi tertinggi dalam penggunaan sosial media. Survei itu juga menyebut bahwa UMKM di Riau sudah terbiasa menjalankan bisnis secara online,” tutur Erisman. 

(Mediacenter Riau/mlb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Pemprov Terus Komitmen Optimalkan Riau Hijau

Rabu, 09 Oktober 2024 | 13:53:24 WIB

Alhamdulillah, Rusunawa UMRI Sah Diresmikan

Rabu, 09 Oktober 2024 | 13:25:35 WIB

Polda Riau Intensifkan Pengawasan SPBU Jelang Pilkada

Selasa, 08 Oktober 2024 | 19:42:09 WIB

Pendaftar PPPK Pemprov Riau Masih Minim, Ini Penyebabnya

Selasa, 08 Oktober 2024 | 16:40:32 WIB

Inilah Prakiraan Cuaca di Riau Hari Ini, 8 Oktober 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 | 10:00:26 WIB

Pemprov Riau Sambut Kepulangan Mahasiswa Riau Dari Lebanon

Selasa, 08 Oktober 2024 | 09:55:20 WIB