Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

ROKAN HULU - Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Rokan Hulu, Riau, masa jabatan 2014-2019, Senin (1/9) berjalan lancar dan tidak ada masalah dengan dihadiri sejumlah pejabat termasuk Bupati Achmad.

Pada rapat paripurna tersebut, Nasrul Hadi ditunjuk sebagai ketua dan Zulkarnain sebagai wakil ketua sementara DPRD Rokan Hulu. Pantauan Riau Pos di Gedung DPRD Rokan Hulu, acara pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Rokan Hulu tersebut langsung dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Pasirpengaraian, Mahmuriadin SH.

Sementara pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Rokan Hulu, Drs Achmad Supardi MA. Sementara sebelum pengambilan sumpah terhadap 45 anggota DPRD Rokan Hulu, rapat dipimpin Ketua DPRD Rokan Hulu, Hasanuddin Nasution bersama kedua wakilnya, Nurkhalis dan Erizal ST.

Sambutan Ketua DPRD Rokan Hulu priode 2009-2014, Hasanudin Nasution dalam sambutanya berharap bagi anggota yang tidak diambil sumpah untuk tidak berkecil hati. Karena, menurutnya, seluruh masyarakat berhak untuk memyampaikan hak berbicara. Kader Golkar tersebut meminta agar anggota DPRD tidak dilantik untuk terus berjuang.

Hasanuddin mengutarakan, sebagai mantan, kalau PNS tentu tidak mungkin jadi PNS lagi setelah pengsiun. Tapi kalau anggota DPRD mungkin bisa terpilih kembali. Kepada anggota DPRD yang dilantik, ia menyampaikan, kalau pemimpin adalah tokoh yang dimajukan dan kehadiranya sangat diharap masyarakat. Bagi Hasanuddin, anggota DPRD terpilih, adalah kepercayaan masyarakat untuk pembangunan, kesehatan, pendidikan.

Anggota DPRD adalah petunjuk buat masyarakat. Justru itu anggota DPRD harus pintar demi kesejahteraan masyarakat. Tapi yang terpenting menurut Hasanuddin, amanh yang dipikul anggota DPRD, bukan hanya tanggungjawab bagi dirinya sendiri dan hanya di dunia saja, tapi bagi masyarakat dan yang bersangkutan wajib mempertanggungjawabkanya di akhirat kelak. Dalam pada itu Hasanuddin menyampaikan, bahwa anggota DPRD Rohul priode 2009-2014 telah banyak berbuat dengan mengadakan dialog dengan berbagai pihak.

Menurutnya, ada 39 keputusan yang telah diterbitkan yaitu terdiri dari 29 Perda dan 10 non Perda. Selain itu juga sebanyak 11 persetujuan DPRD. Selanjutnya, pembacaan Surat Keputusan Gubernur Riau nomor 562/IIIV/2014 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Rohul 2009-2014 dan peresmian pelantikan anggota DPRD Rohul oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), Yusrina SH.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Rohul yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasirpengaraian, Mahmuriadin SH. Kemudian pengumuman pimpinan sementara DPRD Rohul terdiri dari satu orang ketua dan satu orang wakil ketua berdasarkan kursi terbanyak pertama dan kursi terbanyak kedua. Karena Partai Demokrat memperoleh 8 kursi dan Golkar 7 kursi, maka Ketua Sementara Nasrul Hadi ST MT dan Zulkarnain SSos sebagai wakilnya. Selanjutnya penyerahan jabatan pimpinan DPRD sekaligus penyerahan buku kerja DPRD Rohul priode 2009-2014 oleh Hasanuddin kepada ketua DPRD Sementara, Nasrul Hadi ST MT.

Nasrul Hadi diawal sambutanya mengucapkan selamat dating kepada semua anggota DPRD Rohul 2009-2014 dan kepada anggota DPRD Rohul 2014-2019. Menurutanya, banyak tugas kedepan yang harus dilaksanakan anggota DPRD Rohul. Nasrul Hadi mengaku, berbagai masalah yang dihadapi guna untuk meningkatkan infrastruktur, pelayanan kesehatan dan pendidikan yang baik. Justru itu, yang penting menurut Nasrul Hadi adalah komitmen dalam mewujudkan visi dan misi Rohul. “Ini harus menjadi komitmen bersama.

Disentralisasi dan otonomi daerah adalah dua kebijakan yang telah diatur dalam Undang-undang, justru itu kedepan perlu peningkatan kualitas anggota DPRD Rohul,” ujarnya.

Dalam pada itu Nasrul Hadi menyampaikan, bagaimana memperjuangkan pembangunan Rokan Hulu secara menyeluruh. Bagaimana agar tidak muncul kesenjangan dalam pembangunan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Rohul yang telah banyak berbuat untuk pembangunan Kabupaten Rohul,” ucapnya.

Sambutan Bupati Rokan Hulu, Drs Achmad MSi, Rapat paripurna istimewa DPRD Rohul ini adalah buah hasil proses demokrasi pemilihan pada April lalu. “Ini hendaknya menjadi sejarah baru,” pinta bupati.

Kepada legislator terpilih, menurutnya tidak semua orang punya kesempatan menjadi anggota DPRD.

Justru itu, hendaknya amanah itu dapat dijalankan sebaik-baiknya. Bupati meminta agar amanah yang diberikan masyarakat hendaknya bisa dijalankan dengan baik, karena amanah itu diberikan dengan benar.

Bupati mengaku, amanah itu diberikan masyarakat karena harapan masyarakat akan perubahan akan pembangunan, pendidikan dan kesehatan. “Kita sudah mengusung pemekaran desa karena itu sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga, dana alokasi dari APBN untuk desa-desa bisa lebih banyak didapatkan masyarakat Rokan Hulu,” jelasnya. Bupati menyampaikan, untuk pencapaian semua itu, perlu sinergi antara pemerintah dengan dewan.

“Untuk memgambil dana dari propinis dan APBN perlu sinergi, sehingga bisa menambah pembangunan Rokan Hulu. Mari jalin kerjasama antar fraksi sehingga dana yang disalurkan ke Rohul bisa mencapai 2 miliyar per desa,” harapnya.

Sebagai pemerintah daerah, kata Bupati, pihaknya siap dikontrol dan diawasi oleh anggota DPRD sehingga anggaran yang ada dapat terarah.

“Saya meminta agar konflik-konflik dihindari karena akan menghabiskan energi dan akan merugikan masyarakat. Karena harapan masyarakat adalah program pro rakyat sebagaimana yang kita lakukan selama ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota dewan priode 2009-2014 karena tanpa kerjasama yang baik selama ini, maka tidak mungkin pembangunan Rohul berjalan dengan baik. “Kami masih mengharapkan pikiran dan saran anggota dewan tersebut. Mari bangun kerjasama yang baik dan sinergi yang baik untuk pembangunan Rohul kedepan,” ujarnya. (MC Riau/hr)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Wagubri Bersama Forkompimda Tinjau TPS di Rokan Hulu

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:39:51 WIB

Venue Paralayang Miliki Potensi Wisata

Kamis, 12 November 2020 | 21:33:29 WIB

Gubri Ajak Masyarakat Prioritaskan Tanaman Pangan

Kamis, 12 November 2020 | 21:25:56 WIB

Gubri Akan Usulkan Jalan Perbatasan Jadi Jalan Nasional

Kamis, 12 November 2020 | 16:54:34 WIB

Gubri Serahkan Bantuan Obatan Covid-19 ke Pemkab Rohul

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 14:19:14 WIB

Wagubri Kunjungi Situs Cagar Budaya Istana Rokan

Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:30:49 WIB