Kamis, 7 Zulhijjah 1445 H | 13 Juni 2024
Gubri Syamsuar Gerakkan ASN Konsumsi Beras Lokal

PEKANBARU - Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Riau Nomor 800/DISPTPH/5500 tanggal 1 November 2022 tentang Gerakan ASN Konsumsi Beras Lokal dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah. Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pasar Tani sekaligus Peluncuran Gerakan ASN Konsumsi Beras Lokal dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Kamis (3/11).

Gubenur Riau Syamsuar mengatakan, bahwa peningkatan inflasi di Riau cukup tinggi terjadi mulai bulan Juli sebesar 7,04 persen, kenaikan harga cabai merah andil tinggi sebesar 2.14 persen.

"Dan Alhamdulillah pada Agustus Inflasi menurun menjadi 5,84 %, kemudian meningkat kembali pada September 7,26 persen akibat penyesuaian harga BBM yang berdampak pada peningkatan harga pangan pokok strategis khususnya beras memberi andil 0,25 persen," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kemudian pada Oktober inflasi menurun menjadi 7,16 persen, namun andil beras semakin meningkat mencapai 0,54 persen. Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi Riau melalui TPID, selain upaya peningkatan produksi juga terus melakukan upaya-upaya pengendalian inflasi.

"Untuk didaerah diantaranya  melalui bazar pangan melalui pasar tani, memastikan ketersediaan dan pasokan dari daerah lain lancar," ujarnya.

Selain itu, Pemprov Riau juga membuat kegiatan Gerakan ASN Konsumsi Beras Lokal. Hal ini juga menjadi bagian upaya pengendalian inflasi sekaligus pemberdayaan petani.

"Adapun maksud dan tujuan gerakan ini yakni mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 500/4825/SJ tentang Penggunaan Belanja Tidak Terduga dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah," sebutnya.

Kemudian juga menciptakan peluang pasar baru bagi para petani dan pelaku usaha beras lokal dalam memasarkan hasil produksinya. Mendorong peningkatan produksi, produktivitas, mutu dan daya saing padi dan beras di Provinsi Riau sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga para petani dan pelaku usaha padi dapat bersaing di pasar tradisional maupun modern.

"Sehubungan dengan hal tersebut,  kami minta Kepala OPD dilingkup Provinsi Riau untuk dapat mendukung dan memerintahkan seluruh ASN untuk membeli beras lokal di Pasar Tani baik pada saat peluncuran maupun Pasar Tani yang akan digelar selanjutnya dan terus ditingkatkan," imbuhnya. 

(Mediacenter Riau/ms)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

IRT Diminta Berperan Aktif Cegah Stunting

Rabu, 12 Juni 2024 | 14:29:30 WIB