Selasa, 25 Sya'ban 1445 H | 05 Maret 2024
Polda Riau Gelar Rakor Persiapan Tour De Siak 2022
Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal bersama Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto saat Rakor) terkait persiapan pengamanan Tour De Siak Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Tri Brata Polda Riau, Kamis (17/11/2022).

PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persiapan pengamanan Tour De Siak Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Tri Brata Polda Riau, Kamis (17/11/2022).

Untuk diketahui, pelaksanaan agenda pariwisata nasional Tour de Siak ini akan dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 mendatang 

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan events Tour De Siak ini merupakan event dunia yang masuk dalam kalender World Event yang sudah di take over oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat.

"Events ini juga sebagai agenda tahunan. Namun karena pandemi Covid-19 sempat vakum selama beberapa tahun terakhir," kata Kapolda Riau. 

"Pertama kalinya events Tour De Siak ini tidak hanya memakai rute di Kabupaten Siak saja, Namun juga memakai rute di Kota Pekanbaru," tambah Irjen Pol Muhammad Iqbal ini.

Selain itu, pihaknya juga berpesan kepada stakeholder terkait untuk all out terkait dengan segala domain tugas pokok dan fungsi dari masing - masing instansi terkait.

"Terutama dalam sisi keamanan atau security agar events Tour De Siak ini bisa terjaga dengan baik keamanan para pesertanya," pesannya.

Menurut Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, keamanan menjadi suatu hal yang perlu ditekankan lebih baik lagi dalam pelaksanaan sebuah events Nasional.

"Untuk permasalahan keamanan pelaksanaan events ini akan kita kerahkan dari jajaran korem, kodim, dinas perhubungan dan sebagainya," kata Irjen Pol Muhammad Iqbal.

Kapolda Riau ini, juga menyampaikan bahwa pihak nya sanggup untuk menyukseskan pelaksanaan Tour De Siak. "Insyaallah saya dan jajaran kepolisian lainnya siap dan tentunya harus kompak terutama dalam masalah pengamanan dan penjagaan demi keberlangsungan Tour De Siak," ujarnya.

Selain itu, ia juga kembali mengingatkan kepada seluruh pihak untuk saling bahu membahu dan berkolaborasi dengan baik agar pelaksanaan events Tou De Siak ini dapat terselenggara dengan baik.

"Tentunya kita harus saling bekerjadasama, agar apa yang diharapkan Pak Gubernur Riau Syamsuar terhadap Tour De Siak ini betul-betul berhasil juga sukses dan kita sebagai aparat negara harus memberikan yang terbaik," pinta Kapolda Riau ini.

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto mengatakan, bahwa event Tour De Siak ini merupakan keinginan Gubernur Riau yang sudah dilaksanakan saat Syamsuar menjabat sebagai Bupati Siak.

"Untuk permasalahan ruas jalan yang bermasalah seperti jalan berlobang itu sudah saya survei dan perintahkan kepada pihak balai jalan untuk percepat penyelesaiannya," kata SF Hariyanto.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mengingatkan kepala balai jalan agar ruas-ruas jalan tertentu dipakaikan plang.

"Jalan yang akan dilewati para peserta ini sudah saya instruksikan kepala balai jalan untuk selesaikan semua dan jangan ada sampai terjadi kecelakaan," jelasnya.

Sekdaprov Riau juga menyampaikan, bahwa  setelah Rakor persiapan pengamanan ini akan diadakan kembali rapat bersama kepala balai khusus untuk membahas permasalahan jalan yang dipimpin langsung olehnya dalam waktu dekat. 

"Saya minta kepada Ketua Tour De Siak pak Roni [Kepala Dinas Provinsi Riau], untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dan jika ada yang kurang dalam persiapan ini, segera lapor ke saya," ujar SF Hariyanto. 

"Jika butuh sesuatu atau kekurangan sesuatu, segera laporkan apa yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran events Tour De Siak," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada metua ISSI Riau untuk mebantu dalam pelaksanakan events Tour De Siak. 

"Tolong dibantu dari ISSI Riau, karena melihat dari event Tour Muara Takus sukses. Sebab bantuan dan dukungan dari ISSI Riau sangat dibutuhkan," pinta SF Hariyanto.

Sementara, Ketua pelaksana events Internasional Tour De Siak 2022 Roni Rakhmat, yang sekaligus menjabat Kadispar Provinsi Riau mengatakan, bahwa events Tour De Siak ini merupakan balap sepeda profesional.

"Khusus setelah pandemi COVID-19 pesertanya terbanyak di Indonesia. Pada tahun ini, peserta event yang Tour De Siak sebanyak 15 tim," kata Roni Rakhmat saat menghadiri Rakor persiapan pengamanan Tour De Siak, di Aula Tribata Polda Riau, Kamis (17/11/2022).

Roni Rakhmat menjelaskan, event Tour De Siak ini akan diawali dengan parade atlet dan opening ceremony pada 1 Desember 2022 di Kota Pusaka tersebut.

"Pada 1 Desember itu akan dilaksanakan sepeda santai yang diikuti oleh masyarakat Siak, seluruh komponen Siak dan para peserta," jelasnya.

Sebab, pihaknya juga, sudah memastikan pada 30 November mendatang, para atlet telah hadir semua.

"Setelah sepeda santai akan dilaksanakan parade atlet atau pengenalan atlet kepada seluruh masyarakat di tepian sungai Siak. Sedangkan, pelaksanaan opening ceremony akan dilaksanakan pada malam harinya," ujar Roni Rakhmat.

Selanjutnya, pada 2 Desember peserta akan melalui etape pertama yang akan dilaksanakan pada siang hari, pada 3 Desember dilanjutkan dengan pelaksanaan etape dua dimulai pada pagi hari.

Kemudian, tanggal 4 Desember etape tiga juga dimulai pada pagi hari. Lalu, untuk closing ceremony Tour De Siak akan dilaksanakan di Pekanbaru.

Selain itu, Tour de Siak terdiri dari tiga etape. Pertama yaitu Siak City Race sepanjang 86,9 km, etape kedua Siak sampai Pekanbaru sepanjang 135,4 km dan etape ketiga yakni City Race di Pekanbaru sepanjang 118,8 km.

Peserta event Tour De Siak ini sudah mencapai 15 tim, delapan tim lokal dan lima tim luar negeri telah mendaftar.

Kelima tim luar negeri tersebut adalah Singapore National Team, Go For Gold Filipina, tim dari Bruney Cucling Brunei, Team Sapura dan Trengganu Polygon Cycling. Dua tim terakhir berasal dari Malaysia. 

Sementara itu, delapan tim dalam negeri yang telah mendaftar yakni Ponti Wijaya Racing (Kalimantan Barat), Kelapa Gading Bikers (Jakarta) dan BSP Siak Riau, Nusantara Cycling (Yogyakarta), Roojai Cycling (Jakarta), ASC Monster (Jakarta), DR.J Cycling Team (Jawa Tengah) dan Liberta Cycling Team (Jawa Barat).

Kadispar Riau Roni Rakhmat juga mengungkapkan, bahwa pihaknya membutuhkan pegamanan seperti motor marshal juga beberapa marshal untuk mengawal sebanyak 35 marshal dari kepolisian.

"Satu tim ini berjumlah lima pembalap, jadi sekitar 65 pembalap khusus race yang akan mengikuti Tour De Siak," ungkap Roni Rakhmat.

Selain itu, pihaknya juga menyebutkan, permasalahan teknis event Tour De Siak ini sudah siap semua.

"Tadi kami koordinasi permasalahan keamanan bersama Polda Riau yang sudah clear. Tinggal penempatan pos dan pelaksanaan," sebut Roni Rakhmat. 

(Mediacenter Riau/nb)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

TP PKK Riau Gelar Pasar Murah Bersama Disperindagkop UKM

Selasa, 05 Maret 2024 | 11:23:05 WIB

Cek Prakiraan Cuaca Wilayah Riau, Senin 4 Maret 2024

Senin, 04 Maret 2024 | 12:52:51 WIB

TP PKK Riau Tanam 1.000 Bibit Cabai di Kulim Pekanbaru

Senin, 04 Maret 2024 | 12:46:34 WIB