Senin, 9 Rajab 1444 H | 30 Januari 2023

ROKAN HULU - Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Ir  Hafith Syukri MM melepas Jamaah Calon Haji (JCH) asal daerah itu di Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasirpengaraiaan, Kamis (4/9).   

Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Rohul, Nasrul Hadi, Kakan Kemenag Rohul, Drs Ahmad Supardi Hasibuan, MA Ketua Pengadilan Agama, Ketua MUI, Ketua Ikatan Pengurus Haji Indonesia. (IPHI), Kepala Dinas, Badan, Kantor dan lainnya.   

Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM dalam sambutanya menyampaikan, JCH diminta bisa meluruskan niat untuk semata-mata untuk menunaikan ibadah suci di tempat yang suci dan di bulan yang suci, kemudian jadikanlah haji ini sebagai haji terakhir, sebab peluang untuk berhaji lagi sudah sulit karena daftar sudah 14 tahun kedepan.   

"Saya berharap kita bisa ikhlaskan niat untuk mencari ridha Allah SWT, semoga dengan ibadah menjadi haji mabrur," kata Hafith Syukri.

Hafith juga menyampaikan, JCH bisa menjaga kesehatan, pakailah masker sehingga kesehatan tetap fit untuk menghadapi puncak haji yaitu sewaktu wukuf di Padang Arafah. Selanjutnya perkuat rasa kebersamaan dan saling tolong menolong antara satu sama lain.   

Di tempat berbeda, Kakan Kemenag Rohul Ahmad Supardi Hasibuan mengatakan, rencananya JCH Rohul yang berangkat tahun ini sebanyak 247, namun sudah mengundurkan diri sebanyak tiga orang untuk penerbangan pertama dari Bandara Tuanku Tambusai, Kecamatan Rambah Samo menuju Embarkasi Batam sebanyak 86 JCH.

Menurutnya, ada tiga pokok utama dalam ibadah haji tersebut, yaitu ketundukan dan kepatuhan kepada Allah SWT, sebagai hamba yang dhoif tentu, jangan sempat ada menyombongkan diri atau merasa angkuh, jika melihat dari kisah Nabi Ibrahim, kepatuhan pada sang kholik benar-benar bisa menjadi contoh bagi umat Islam.   

Kemudian, pengorbanan, jika dalam beribadah kepada Allah, segala sesuatu  apapun, itu milik tuhan manusia hanya tempat untuk dititip sebagai amanah yang harus dijaga, Nabi Ibrahi saking cinta kepada yang maha kuasa rela mengorbakan anak jika itu memang kehendaknya.   

Selanjutnya, ibadah haji termasuk rukun Islam yang wajib dilakukan jika sudah mampu melaksanakannya baik secara materil dan moril, jadi laksankan ibadah ini dengan ikhlas semata-mata mengharap ridha Allah. (MC Riau/hr)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

426 Ekor Kerbau di Rohul Mati Terpapar Sapi Ngorok

Selasa, 01 November 2022 | 14:01:52 WIB

UMKM di Rokan Hulu Dapat Bantuan Rp1,3 Miliar

Kamis, 01 September 2022 | 14:56:50 WIB

PUPR Riau Perbaiki Jalan Provinsi di Ujung Batu

Selasa, 30 Agustus 2022 | 16:25:31 WIB