Senin, 16 Rajab 1444 H | 06 Februari 2023
Ciptakan Wirausahawan Muda Melalui Kegiatan WMK

PEKANBARU -- Wakil Rektor Bidang Akademis Prof Dr M Nur Mustafa MPd menyampaikan bahwa, Program Wirausaha Merdeka Akselerasi Pertumbuhan Enterpreneur Muda (WMK Aksi Pemuda) Tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek merupakan program projek pertama yang diselenggarakan secara nasional di Universitas Riau (UNRI). 

 

"Melalui ini kami UNRI mengapresiasi atas berlangsungnya program WMK Aksi Pemuda serta diharapkan menjadi program percontohan yang sejenis oleh kampus lain, dengan terlibatan mahasiswa, dosen, dan mitra dari berbagai pihak dapat menjadi peluang implementasi kerjasama diantara para pihak yang terlibat melalui kegiatan ini serta dapat meningkatkan IKU 1 dan IKU 2 pada masing-masing perguruan tinggi," ujar M Nur pada kegiatan Puncak Festival WMK Aksi Pemuda UNRI, Senin (5/12/2022)

Oleh sebab itu, UNRI dalam hal ini memandang program ini merupakan langkah strategis dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dikti dan diksi dalam mempersiapkan bonus demografi di tahun 2045 yang dapat memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Wirausaha Merdeka, ujar M Nur, adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program Wirausaha Merdeka ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri dalam perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia. 

Mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan (agent of change) yang membantu meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dan menjadi agen penggerak (agent of driven) dalam memberikan solusi inovasi untuk membuka lapangan pekerjaan melalui peluang dan perkembangan bisnis mahasiswa, serta menjadi agen pelopor (agent of creator) untuk menumbuhkan potensi kewirausahaan baru di Indonesia.

"Dengan mengikuti kegiatan Wirausaha Merdeka Angkatan 1 Tahun 2022, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS)," ucapnya.

Dengan upaya pemerintah yang demikian, lanjut M Nur, tentu sebagai warga negara juga harus berupaya mendukung usaha pemerintah mempersiapkan SDM siap bonus demografi. Generasi muda sebagai agent of change sudah sepatutnya memberikan pergerakan demi menyokong Indonesia emas. Pergerakan sederhana yang mungkin bisa dilakukan selain belajar adalah mengabdi kepada masyarakat. Melihat adanya kesempatan dan tantangan, tentunya bonus demografi ini tidak semudah membalikkan telapak tangan.

"Perlu adanya komitmen dari pemerintah sebagai pemegang kebijakan serta terlibatnya masyarakat sebagai agen perubahan. Apabila kedua komponen ini sudah satu visi maka dapat diyakini Indonesia emas 2045 bisa benar-benar terwujud,"pungkasnya.

Sementara, Ketua Program WMK Aksi Pemuda UNRI Dr Alvi Furwanti menyampaikan, UNRI dengan semangat asri Amanah, Santun, Responsif, dan Inovatif telah membentuk portofolio program wirausaha melakukan inovasi pada program WMK Aksi Pemuda dengan memberikan persamaan persepsi motivasi enterpreneur kepada 1001 peserta program.

Menerjunkan langsung mahasiswa kedalam dunia usaha melalui kegiatan praktek di UMKM Mitra dengan tujuan memantik lebih banyak jiwa kewirausahaan serta memunculkan wirausaha muda yang tangguh dan siap bersaing.

Dengan Jumlah peserta 1001 orang, UMKM mitra yang terlibat 128 UMKM dengan 200 orang penanggung jawab yang berasal dari mitra binaan BSPJI, mitra binaan pertamina hulu rokan melalui gerai wirausaha LAM, Mitra binaan BRK Syariah, dan UMKM lainnya bersal dari pekanbaru, siak, inhil, dan Kampar, serta 50 orang coach bisnis dan narasumber yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri.

"Pelaksanaan WMK Aksi Pemuda tahun 2022 dilaksanakan selama 16 minggu setera dengan 1 semester rentang waktu pelaksanaan program dari tanggal 27 Agustus 2022 sampai dengan 20 Desember 2022 dan memenuhi tahapan taksonomi bloom sampai uji pasar," tuturnya. 

 

 

 

(Mediacenter Riau/mad)

Info Lainnya

Info Riau Sepekan

Info riau sepekan (20/9/2022)

Berita & Info Lainnya

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Gubernur Corner

BPC Perhumas Pekanbaru dan STISIP Persada Bunda Teken MoU

Senin, 06 Februari 2023 | 16:25:36 WIB

Polda Riau Gelar Razia Kendaraan, Ini Sasarannya

Senin, 06 Februari 2023 | 16:04:34 WIB

Marsma TNI Setiawan Jabat Danlanud Rsn

Ahad, 05 Februari 2023 | 19:24:01 WIB

Sejak 1975, Yuk Spill Mie Keling Legendaris di Pekanbaru

Ahad, 05 Februari 2023 | 16:07:01 WIB

Perkutaan Sitepu Mau Bangun Desa Wisata Percontohan di Riau

Sabtu, 04 Februari 2023 | 19:44:56 WIB

Gubri Syamsuar Meresmikan Perkutaan Sitepu

Sabtu, 04 Februari 2023 | 15:12:21 WIB