Jumat, 11 Syawwal 1445 H | 19 April 2024
Ilustrasi

PEKANBARU - Menanam pohon bagian dari sikap peduli lingkungan. Pendidikan sejak dini mencintai lingkungan harus ditanamkan demi membangun kehidupan yang lebih baik. Hal ini disampaikan Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Indragiri Rokan KLHK, dalam acara penanaman pohon di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 01 Pekanbaru.

"Kepedulian lingkungan hidup bagian dari membangun peradaban manusia. Hari ini kita memberi contoh pendidikan membangun peradaban yang baik karena menanam pohon bernilai kebaikan dan ibadah," kata Irpana, Kamis (8/12/2022).

Pada kesempatan ini dibagikan 170 bibit pohon produktif seperti jambu, mangga, durian, manggis dan lainnya yang akan ditanam di sekeliling lingkungan sekolah. Irpana mengapresiasi kegiatan penghijauan yang menjadi salah satu program sekolah. 

"Kegiatan ini sangat positif dan kami apresiasi semangat para Guru dan murid. Kami siap memberi dukungan bibit dan juga siap memberi edukasi bagi generasi cinta lingkungan tentang kegiatan pembibitan, penanaman dan pentingnya memelihara pohon," kata Irpana.

BPDASHL Inrok KLHK memiliki dua lokasi persemaian permanen, di Kampar dan Pekanbaru dengan kapasitas produksi mencapai 1,5 juta bibit. Masyarakat bisa mendapatkan bibit ini secara gratis.

Selain program bibit produktif, penghijauan juga dilakukan dengan pelibatan masyarakat melalui program Kebun Bibit Desa (KBD) dan Kebun Bibit Rakyat (KBR).

"Mari kita perbanyak tanam pohon dan memeliharanya dengan baik. Manfaatnya tidak hanya untuk ekologis tapi juga bernilai ekonomi," kata Irpana.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 01 Pekanbaru Hasmiati, S.Ag berterimakasih atas dukungan yang diberikan BPDASHL Inrok KLHK untuk kegiatan penghijauan di sekolah.

"Bibit pohon ini kami tanam bersama murid, Guru dan wali murid untuk semakin menghijaukan lingkungan sekolah dan mengajarkan semangat cinta lingkungan sejak dini," kata Hasmiati.

Sementara itu Ketua majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Rumbai, Busihat Lc.M.Pdi mengatakan kegiatan penghijauan di lingkungan sekolah ini sejalan dengan cita-cita organisasi.

"Kami ingin kelak MIM 01 Pekanbaru menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk itu kami sangat berterimakasih dengan bantuan bibit pohon produktif dari BPDASHL Inrok KLHK, dan semoga ini menjadi semangat kita bersama mewujudkan sekolah hijau yang peduli lingkungan," tutupnya.

(Mediacenter Riau/bts)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Ops Ketupat Lancang Kuning di Riau Lancar

Rabu, 17 April 2024 | 15:20:41 WIB

1.167 CJH Kota Pekanbaru Ikuti Manasik Haji Perdana

Rabu, 17 April 2024 | 08:24:21 WIB