Ahad, 6 Syawwal 1445 H | 14 April 2024
Lantik 20 Pejabat Fungsional, Rektor UNRI: Terus Kembangkan Potensi dan Berinovasi

PEKANBARU - Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Aras Mulyadi DEA mengatakan bahwa Dosen merupakan pendidik profesional dan ilmuwan, dengan tugas utama mentransformasikan serta mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Aras saat Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Fungsional Dosen di lingkungan UNRI, Jumat (9/12/2022) di Ruang Serbaguna Siak Indrapura Gedung Rektorat Kampus Bina Widya UNRI.

Dengan pengambilan sumpah ini, melekatlah tanggung jawab yang diberikan kepada dosen dengan jabatan asisten ahli di lingkungan UNRI. Melalui hal tersebut, bagaimana mengakselerasi inovasi di level pendidikan tinggi melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pertama, pedidikan dan pengajaran. 

Kedua, dosen wajib melaksanakan penelitian yang tidak hanya penelitian sesaat saja tetapi bagaimana diseminasi hasil penelitian tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas dalam bentuk jurnal yang diterbitkan dengan rumusan-rumusan untuk keperluan masyarakat.

"Ketiga, pengabdian kepada masyarakat, apa yang kita dapatkan dari penelitian ini kita terapkan kepada masyarakat dalam bentuk tepat guna serta teknologi hasil karya yang dapat diberikan kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian yang dilakukan para dosen harus bermanfaat untuk mahasiswa dan juga masyarakat, yang akan menikmati hasil publikasi, hak kekayaan intelektual serta pengayaan pada bidang pembelajaran dan pendidikan,” jelas Guru Besar Bidang Perikanan dan Kelautan ini menyampaikan.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah ini, sebanyak dua puluh empat orang dosen UNRI menerima Surat Keputusan dalam jabatan fungsional dosen. 

“Kepada dosen yang baru disumpah, tingkatkan kemampuan bersaing Saudara untuk memotivasi dalam pengembangan keilmuan yang miliki. Bagi yang belum berpendidikan Strata Tiga (S-3), segera tingkatkan pendidikan formalnya, dan yang belum agar segera bersiap-siap. Semua dilakukan demi kepentingan universitas,” imbuh Rektor. 

(Mediacenter Riau/mad)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Riau Terpantau Nihil Karhutla saat Libur Lebaran

Sabtu, 13 April 2024 | 13:18:34 WIB

Disnakertrans Riau Terima 22 Aduan Terkait THR

Rabu, 10 April 2024 | 05:55:10 WIB

Ada Kabar Gembira, Bayi Gajah Betina Lahir di Riau

Selasa, 09 April 2024 | 05:21:21 WIB