Sabtu, 12 Syawwal 1445 H | 20 April 2024
Berikut Daftar Peraih Penghargaan KI Riau Award 2022
Anugerah Komisi Informasi Provinsi Riau tahun 2022.

PEKANBARU - Komisi Informasi Provinsi Riau menggelar acara Anugerah Komisi Informasi Provinsi Riau tahun 2022. Kegiatan ini mengusung tema Keterbukaan Informasi Publik Menuju Riau Unggul. Kegiatan tersebut berlangsung di Kota Pekanbaru, Senin (12/12/2022).

Mengawali sambutannya, Ketua Komisi Informasi Riau Zufra Irwan menjelaskan bahwa pemberian penghargaan ini bukan secara mendadak. Namun telah dilakukan tahapan proses serta penilaian melalui Self Assesment Questionnaire (SAQ).

Ia juga menambahkan, ada juga terdapat penilaian Implementasi Kepatuhan publik seperti PPID, Desk Layanan Infomasi, Teknologi informasi, Sumber Daya Pengelola dan yang terpenting adalah Daftar Informasi Publik (DIP).

“ Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan kepatuhan terhadap Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Semuanya adalah kemudahan bagi masyarakat dalam permohonan informasi,” katanya.

Dirinya menjelaskan, bahwa ada kategori untuk sepuluh badan publik dan satu penghargaan khusus yang diberi kepada dua kepala daerah, satu kepada dinas daerah, serta untuk aparatur yang telah mendidikasikan dirinya.

“Penghargaan Khusus itu adalah Achievement Motivation Person. Ini diberikan untuk kepada dua kepala daerah yang kami nilai memiliki semangat komitmen dan untuk mendorong keterbukaan informasi di lingkungkan badan publik masing-masing,” jelasnya.

“Kemudian, tahun ini juga Dinas Kominfo Provinsi Riau memang kami berikan sebagai penggerak keterbukaan informasi. Karena dari tahun ke tahun nilainya pemeringkatannya selalu paling teratas. Dan ada juga penghargaan khusus untuk apratur disalah satu kabupaten/kota yang mendedikasikan dirinya menjabat kabid selama 20 tahun dan dia sangat berkualitas,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengungkapkan bahwa Anugerah Komisi Informasi Provinsi Riau tahun ini  sangat berbeda dengan daerah lainnya. 

Sehingga, Donny mengapresiasi KI Provinsi Riau yang telah bersemangat memberikan penghargaan terhadap 11 kagetori itu.

“Saya mengapresiasi setinggi tingginya kepada badan publik yang hari ini menerima anugerah. Dan saya tadi melihat ini ada 10 kategori ditambah lagi 1. Sehingga Riau ini mengalahkan Komisi Informasi Pusat, semoga apa yang diberikan apresiasi hari ini dapat teruskan dengan baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wagubri Edy Natar menerangkan penyerahan piagam ini tentu merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Komisi Informasi Riau dalam menjalankan kewajibannya dan mendorong badan publik untuk memberikan akses seluas luasnya dan informasi publik kepada masyarakat secara transparan dan terbuka.

“Dengan diberlakukannya undang undang keterbukaan informasi tentu sesuai dengan kita harapkan," ucapnya. 

Wakil Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution ini juga ikut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, serta ucapan selamat dan taniah kepada para penerima penghargaan anugerah KI Award 2022.

Adapun daftar nama peraih penerima penghargaan kategori Dana Hibah Provinsi Riau, yaitu Komisi Penyiaran Informasi Provinsi Riau dan Baznas Rokan Hulu. Lalu, penerimaan Penghargaan Bawaslu se-Kabupaten/kota adalah Bawaslu Kabupaten Siak. 

Kemudian, kategori penghargaan KPU se-Kabupaten/Kota yakni KPU Kota Dumai. Lalu, penerima Penghargaan Partai Politik adalah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Riau dan Partai Golkar Provinsi Riau. 

Selanjutnya, kategori penerima penghargaan Perguruan Tinggi Provinsi Riau adalah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Riau. Kemudian, penerima Penghargaan untuk kategori BUMD adalah, PT Sarana Pembangunan Riau, PT Bumi Siak Pusako, PT PER, PT Perumda Rokan Hulu Jaya. 

Selanjutnya, kategori penerima Penghargaan OPD (PPID Pembantu) Provinsi Riau adalah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau, BPKAD Provinsi Riau, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindangan Anak Provinsi Riau, dan Dinas Sosial Provinsi Riau. 

Adapun kategori peneriman Penghargaan Desa Provinsi Riau yakni, Desa Pulau Gadang Kampar, Desa Pematang Berangan Rokan Hulu, dan Desa Rambah Tengah Hilir Rokan Hulu. 

Sementara, untuk kategori lenerima Penghargaan Instansi Vertikal di Provinsi Riau adalah, BPK Riau, Bawaslu Riau, Kanwil Ditjen Perbendarahan Provinsi Riau, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, BPS Provinsi Riau.

Lalu, Badan pengawasan keuangan dan Pembangunan Provinsi Riau, Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Riau, BPJS Kesehatan Kedeputian Sumbar-Jambi, Kanwil DJKN Riau, dan Kanwil Kemenag Provinsi Riau

Selanjutnya, penerima Penghargaan Kategori Khusus (Achievement Motivation Person) adalah Bupati Rokan Hulu, Sukiman, Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Lalu, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau sebagai Penggerak Keterbukaan Informasi Publik, Salmi Hadi sebagai Aparatur Pendorong Keterbukaan Informasi Publik. 

Kemudian untuk kategori penerima Penghargaan PPID Utama Se-Provinsi Riau adalah, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Dumai. 

(Mediacenter Riau/bib)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

Cek Prakiraan Cuaca Riau, pada Sabtu 2 April 2024

Sabtu, 20 April 2024 | 10:54:36 WIB